Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 27 Juli 2012

Ciptakan Masyarakat Madani

Jumat, 27 Juli 2012 (Sumber : Batam Pos)

Putut Aryo Tejo,
Batam Kota

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Mustofa Widjaja menjadi penceramah dalam salat tarawih di Masjid Agung Batam, Rabu (25/7).



Mustofa berpesan agar jemaah bisa menjadikan madani sebagai karakter bermasyarakat, seperti telah ditauladankan Rasulullah. "Memperkuat rasa persatuan dan persaudaraan seluruh masyarakat Batam, menghindari perpecahan dengan mengembangkan semangat saling menghormati dan menghargai dengan satu tujuan, yaitu membangun Batam yang dicintai,"ujarnya.

Dalam ceramah bertema Membangun Masyarakat Madani di Era Transisi Industrialisasi Modern itu, Mustofa mengatakan, membangun masyarakat madani telah dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Sewaktu Nabi hijrah dari Makkah ke Madinah, beliau sekaligus meletakkan dasar-dasar masyarakat madani dengan menggariskan ketentuan hidup bersama dalam suatu dokumen yang dikenal dengan Mitsaq al Madaniah atau Piagam Madinah.

Menurut Mustofa, membangun masyarakat madani di Batam sangat relevan. Masyarakat madani yang dicontohkan oleh Rasulullah merupakan kesepakatan dalam menghormati hak-hak semua kelompok, termasuk minoritas. Dengan demikian, non muslim waktu itu dapat hidup tenang, Kondisi ini hampir sama dengan kemajemukan masyarakat Batam. Kedua, adanya jiwa madaniyah akan menjadi promosi bagi kemajuan Batam. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar