Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 25 Juli 2012

Penumpang Bandara Kedapatan Bawa Bom

BANDARA (HK) - Petugas Ditpam Bandara Hang Nadim mendapati paket bom yang dibawa oleh salah satu penumpang saat melewati mesin pemindai atau x-ray di pintu keberangkatan. Penumpang pria itu langsung diamankan petugas.

Para petugas pun sibuk mengevakuasi orang-orang untuk mengindari kejadian yang tidak diinginkan. Kejadian tersebut kontan membuat calon penumpang lainnya kaget dan hampir panik sebelum berhasil ditenangkan oleh petugas.

Demikian salah satu adegan simulasi yang digelar pihak Bandara Hang Nadim Batam, Jumat (20/7) lalu sekitar pukul 15.00 WIB. Simulasi penjinakan bom di pintu keberangkatan dan pintu masuk bandara itu berlangsung sejak Rabu (18/7) dan berakhir Senin (23/7) yang disaksikan langsung oleh Tim Japan Internasional Cooperatoin Agency (JICA).

Simulasi itu berjalan sekitar 10 menit. Namun cukup menjadi perhatian calon penunpang meskipun sebelumnya telah diumumkan lewat pusat informasi Bandara.

Shingo Aono, Airport Security Trainer JICA mengatakan, simulasi yang didukung lewat peralatan dan pengetahuan yang sudah ada sangat penting untuk diketahui oleh masyaralat luas lewat media. Dengan demikian, orang yang tidak bertanggung jawab atau akan membuat perbuatan kejahatan akan minder atau mengurungkan niatnya.

"Sangat penting diketahui masyarakat luas untuk dipublikasikan agar pelaku kejahatan mikir-mikir untuk melintas atau berbuat kejahatan di bandara," ujarnya.

Sementara itu, Setio Utomo, PH Kabid Operasi Darat Bandara Hang Nadim Batam, simulasi ini merupakan kegiatan rutin sebagai bentuk upaya mengantisipasi dan menjaga keamanan di kawasan Bandara Hang Nadim. (cw42)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar