Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 24 Juli 2012

19 Feri Layak Angkut

NONGSA (BP) – Sebanyak 19 feri tujuan Punggur-Tanjungpinang, diuji kelayakannya oleh Kantor Pelabuhan Batam. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi keamanan angkutan di laut di Batam. Hasilnya, 19 feri itu layak.
“Uji kelayakan ini setiap tahun dilakukan pemerintah pusat, untuk mengetahui persiapan keamanan angkutan laut,” ujar Kepala Syahbandar pelabuhan Telaga Punggur Nurdianto, kemarin.



Kapal yang telah lolos uji kelayakan tersebut, akan dipergunakan untuk mengangkut penumpang pada bulan suci Ramadan. “Diperkirakan akan mengalami peningkatan hingga 200 persen, dibandingkan penumpang pada hari biasa,” ujarnya.
Untuk itu, pengusaha jasa pengangkutan kemungkinan akan menambah armada yang telah lolos uji kelayakan dan keamanannya jika penumpangnya membludak. ”Namun belum tahu berapa tambahan aramadanya,” ungkapnya.
Nurudianto mengatakan, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan secara berkala. “Karena pada intinya setiap hari kita lakukan pemeriksaan. Baik itu kelayakan kendaraan, kesiapan keamanan, dan daya muat kendaraan,” jelasnya.
“Intinya, kita siap melakukan pengakutan pada Hari Raya Idul Fitri nanti,” ujarnya.
Baik itu armada, keamanan, dan kesehatan. ”Hanya saja kita kekurangan ponton, serta lahan parkir yang sempit yang belum ada solusinya,” ujarnya.
Ketika ditanyakan tentang tarif jasa angkutan, pada Idul Fitri nanti, Nurudianto mengatakan belum ada kenaikan harga.
“Kemungkinan harganya sama. Kalau pun ada kenaikan, pasti dibicarakan dahulu oleh pihak pengusaha dengan instansi terkait,” tuturnya mengakhiri.
Dumai Express Tambah Armada
Guna menambah menampung lonjakan penumpang pada Hari Raya Idul Fitri, perusahaan Feri Dumai Express akan menambah armada kapal mereka. Jika biasanya Feri Dumai Express mengoperasikan sembilan unit kapal, untuk Lebaran nanti, mereka akan menambah dua unit armada.
“Untuk lebaran, kami akan menambah dua armada kapal Dumai Line,” kata Humas Dumai Ekspress, Asmadi, saat ditelepon, Senin (23/7).
Dumai Express akan memaksimalkan 11 armada tersebut pada H-4 sebelum Idul Fitri. Untuk itu, pihaknya terus melakukan pengecekan dan perbaikan pada seluruh armada yang akan digunakan untuk angkutan Lebaran nanti.
Dumai Express akan melayani trasportasi antara Batam dan Dumai. Dalam perjalanannya, feri akan singgah ke Tanjungbalai, Selatpanjang, Bengkalis.
Bagi yang ingin ke Pekanbaru, transit melalui di Selatpanjang untuk kemudian melanjutkan pelayaran ke Tanjungbuton dan berakhir di Pekanbaru.
Dari pantauan Batam Pos di Pelabuhan Domestik Sekupang, di loket-loket penjualan, tiket sudah bisa dipesan. Meski begitu, loket-loket pemesanan masih sepi.
Asmadi mengakui, pemesan tiket Lebaran di Dumai Express masih sedikit. Bahkan, menurutnya, bisa dihitung dengan jari. Salah satu penyeababnya adalah waktu cuti karyawan.
“Kembanyakan penumpang kami adalah pekerja. Mereka masih menunggu kapan waktu cuti turunnya tunjangan hari raya. Umumnya, setelah mendapat kepastian, baru mereka berbondong-bondong membeli tiket,” sambung Asmadi. (hgt/cr19) (4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar