Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 12 Maret 2014

BP Batam Berniat Bangun Hotel di Camp Vietnam Galang

12 Maret 2014( sumber : Batam Pos )


Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia (RI), mengunjungi Camp Vietnam, Selasa (11/3). Kunjungan tersebut menurut Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Humas, Badan Pengusahaan (BP) Batam, Dwi Djoko Wiwoho, adalah untuk meninjau pemanfaatan Camp Vietnam tersebut.
Djoko mengatakan peninjauan situs bersejarah tersebut juga untuk melihat rencana pembangunan kedepannya. Dari hasil tinjauan ini, pihak kementerian luar negeri juga akan langsung menyampaikannya ke pemerintah Vietnam.

Biksu Se Tah Ce saat memandu umat Budha sembahyang di vihara Quan Am Tu di Camp Vietnam, Galang, Kamis (22/11).    F.Dalil Harahap/Batam Pos
“Mereka memantau pemanfaatan Camp Vietnam itu. Dan kita menjelaskan kepada mereka, bahkan mereka langsung kita bawa kesana. Selanjutnya nanti Kemenlu akan menjelaskan, ke pemerintah Vietnam, soal ini,” katanya.
Djoko mengatakan kedepannya, pihak BP Batam akan terus melakukan pembangunan, kedepan kawasan itu akan dijadikan kampung situs kemanusian. “Kita kasih master plan, untuk pembangunan. Bisa jadi nantinya namanya diganti menjadi Kampung Situs Kemanusiaan,” kata Dojoko
Menurut Djoko pengembangan kawasan itu lebih dikembangkan dengan menonjolkan situs kemanusiaannya. Selain itu, akan dibangun hotel. “Kita rencanakan lahan untuk pembangunan hotel. Tapi hotelnya juga akan menunjang situs disana,” imbuh dia.
Sebelumnya,  Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan mengatakan, bekas pusat penampungan pengungsi Vietnam di Pulau Galang, merupakan tempat wisata sejarah kemanusiaan. Disana, sedang berjalan perbaikan gedung Rumah Sakit PMI, pemugaran tempat ibadah dan gedung pusat aktivitas pemuda.
Camp itu pada tahun 1979 sampi 1996, dijadikan tempat pengungsian orang Vietnam, yang dikenal, manusia perahu. Saat itu, mereka mencari suaka, karena di negeri asalnya terjadi konflik politik. Camp Vietnam merupakan saksi sejarah penanganan pengungsi di Indonesia. BP Batam berkomitmen, tetap menjaga kawasan itu tidak kehilangan sejarahnya. Dimana, warga Vietnam pernah menghuni tempat itu.
“Makanya sudah banyak warga Vietnam yang datang untuk berziarah, karena ada beberapa  pengungsi meninggal dan dimakamkan di sana” katanya. (ian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar