BP Batam Agendakan Tujuh Pertemuan dengan PMA
Batam (Antara Kepri) - Badan Pengusahaan (BP) Batam mengagendakan tujuh kali pertemuan dengan delegasi pengusaha asing selama 2014, baik di Indonesia maupun luar negeri dengan tujuan menarik investasi baru.

"Saat ini investasi dunia lebih mengarah ke Asia Tenggara, jadi kami berharap akan semakin banyak investor masuk ke Kawasan Pelabuhan dan Perdagangan Bebas Batam," kata Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan di Batam, Kamis.

Ia mengatakan, pertemuan pertama sudah dilakukan dengan sejumlah pengusaha Singapura di Batam pada awal Maret 2014.

"Enam pertemuan serupa akan dilaksanakan masing-masing dua kali di Batam. Salah satu pertemuan di Batam adalah dengan delegasi dari Italia," ucapnya.

Dua pertemuan lain, akan dilakukan di Jakarta, satu kali di Singapura dan di Jepang yang menjadi salah satu target investasi terbesar ke Batam.

"Di Jepang kami juga akan melakukan seminar dengan pengusaha setempat. Mudah-mudahan akan menghasilkan banyak investasi baru di Batam," kata Ilham.

Hal tersebut, kata dia, dilakukan karena BP Batam terus mendorong peningkatan investasi di Batam, terutama dari Asia Timur, Eropa dan Amerika.

"Harapan kami negara-negara kawasan tersebut semakin tertarik berinvestasi di Batam dengan berbagai kemudahan perizinan dari BP Batam," ucapnya.

BP Batam mencatat, pada Februari, perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan perlengkapan perkapalan dari karet asal Jepang sudah menanamkan investasi sebesar Rp128 juta dolar AS. Sementara perusahaan manufacturing menanamkan investasi sebesar Rp45,8 juta dolar AS.

Ilham mengatakan, hingga akhir 2013 lebih dari 100 perusahaan menyampaikan keinginan berinvestasi di kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas Batam.

"Mereka sudah menyampaikan aplikasi sejak Juli 2013. Dua perusahaan tersebut masih satu grup," katanya.

BP Batam pada 2014 menargetkan investasi asing sebesar 350 juta dolar AS masuk ke Batam, target tersebut sama dengan 2013. (Antara