Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 12 Januari 2012

Sembilan Perusahaan di Batamindo Bernilai Merah

Sebanyak sembilan perusahaan di Batam, mendapat nilai merah dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Raport merah itu diterima terkait dengan pengelolaan limbah yang dinilai tidak taat untuk 2011 di Batam. Di luar sembilan perusahaan itu, KLH memberikan penilaian positif dengan nilai biru dan hijau.

Demikian disampaikan Kepala Bapedalda Batam, Dendi N Purnomo di gedung DPRD Batam, Rabu (11/1). Perusahaan-perusahaan yang mendapat rapor merah itu, ada PT Greenindo Tritama yang mengelola limbah B3, PT Desa Air Cargo bersama PT Batam Slope Sludge Treatment Center.
Selain itu, ada juga PT PLN (Persero) PLTD Batam (energi PLTD). Ada juga PT Aker Solutions, peternakan PT Indotirta Suaka, RS Awal Bros dan RS Otorita Batam. Pada penilain ini, tidak terkecuali Kawasan industri terbesar di Batam, PT Batamindo Investment Cakrawala, mendapat nilai merah.
“Ini menunjukkan penurunan ketaatan amdal dari perusahaan industri di Batam. Tahun lalu, dari 10 perusahaan yang dinilai, tidak ada rapor merah,” bebernya.
Rrapor merah itu bisa disebabkan perbedaan sistem penilaian dibanding sebelumnya. Dia mencontohkan Batamindo yang , tahun 2010 tim hanya memonitor dua cerobong pabrik. Tahun 2011, semua cerobong dimonitor, sehingga status Batamindo lapornya jadi merah.
Karena itu, bagi perusahaan yang mendapat rapor merah ini dapat hak sanggah. Bahkan, jika bisa memperbaiki ketaatan dan kelengkapan teknis amdal, rapornya bisa berubah.(mbb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar