Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 13 Januari 2012

Bongkar muat di Batu Pelabuhan Ampar diprediksi naik 6%


BATAM: Badan Pengusahaan Batam (BP Batam)  Pemilik aset Pelabuhan Peti Kemas Batu Ampar, mengatakan pihaknya melihat prospek pertumbuhan volume kargo Pelabuhan itu mencapai 6% tahun ini.
Badan Pengusahaan Batam (BP Batam)—Pemilik aset Pelabuhan Peti Kemas Batu Ampar—mengklaim aktivitas pelayanan volume kargo di pelabuhan itu mengalami kelebihan kapasitas pada 2011 sekitar 150.000 TEUs. Total muatan yang ditangani tahun alu mencapai 350.000 TEUs, padahal kapasitas maksimalnya  hanya 200.000 TEUs.
 
"Tahun 2011 sudah terjadi over-capacity [dengan melayani] 350.000 TEUs dari kapasitas 200.000 TEUS, kita perkirakan pada tahun ini akan ada pertumbuhan 5%-6%," ujar Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam Dwi Djoko Wiwoho kemarin.
BP Batam sendiri berharap untuk mempertahankan tingkat aktifitas pelabuhan saat ini pada tahun 2012 dengan melakukan penambahan dermaga dan perbaikan sarana vital.
Dwi mengatakan pelabuhan direncanakan BP Batam sudah dianggarkan untuk beberapa penambahan sarana termasuk dua dermaga dan penggantian crane karena memperkirakan pertumbuhan wajar pada 2012 ini sebesar 6%.
"Kita akan melakukan penambahan dermaga dan perbaikan sambil menunggu investor," katanya.
Pada 2011, pelayanan kargo Pelabuhan Batu Ampar mengalami kenaikan 75% dari kemampuan maksimal melayani kargo. Jika dihitung perkiraan kenaikan pada tahun ini sebesar 6% dari total tahun 2011, Pelabuhan hanya akan melayani kenaikan kargo sebesar 21.000 TEUs. 
Total kargo yang dilayani Batu Ampar pada tahun 2011 sebesar 350.000 TEUs berdasarkan BP Batam, berarti merupakan rekor baru pelayanan kargo tertinggi Pelabuhan dalam kurun waktu lima tahun belakangan yang rata-ratanya hanya 210.000 TEUs.
Pelabuhan Batu Ampar adalah pelabuhan bongkar muat terbesar dari tiga fasilitas pelabuhan bongkar muat yang ada di Batam dan pelabuhan terbesar untuk barang-barang manufaktur yang digunakan perusahaan untuk memasok sektor industri di Batam. Dua pelabuhan lainnya adalah Pelabuhan Barang Kabil dan Pelabuhan Sekupang
Di antara pelabuhan-pelabuhan tersebut, Batu Ampar adalah pelabuhan yang berhadap-hadapan langsung dengan Singapura. Bahkan Batu Ampar diharapkan dapat menarik sebagian dari jumlah kapal kargo yang biasa berlabuh di Singapura
Pada tahun ini, Pelabuhan Batu Ampar dianggarkan Rp60 miliar untuk proyek perbaikan dermaga dan sarana vital termasuk crane. Berdasarkan data kondisi kini Pelabuhan, BP Batam berencana memperluas panjang dermaga pelabuhan menjadi 3.600 meter dari panjang saat ini 1.250 meter. 
Sementara itu, kedalaman pada sisi dermaga menjadi 14 meter  LWS (lower water spring/ kedalaman terendah saat air pasang) dari 6-12  LWS. (sut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar