Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 16 Januari 2012

Perluasan Batu Ampar telan Rp366 miliar


Dwi Djoko Wiwoho, Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam mengatakan pihaknya telah mengusulkan besaran pagu perluasan pelabuhan dari APBN, yang akan mencakup perluasan dermaga dan penambahan sarana termasuk crane.

Proyek ini, tambah Dwi, akan di lelang pada Februari 2012 dan konstruksinya kemungkinan besar akan dimulai pada pertengahan tahun 2012.

Dengan perluasan ini diharapkan dapat membantu menarik investor untuk mengelola Batu Ampar dengan keuntungan bagi investor yang akan mengurangi kapasitas pembangunan pelabuhan yang akan dibangun.

"Kita akan membangun dermaga baru di utara pelabuhan yang akan menambah panjang dermaga. Perluasan ini akan memperlancar arus barang karena salah satu infrastruktur penunjang dan bisa membantu menarik investornya," ujarnya hari ini (13/01).

Untuk proyek perluasan tersebut nantinya dilakukan secara multiyears atau bertahap selama tiga tahun kedepan, dengan menggunakan APBN yang menelan biaya sebesar Rp366 miliar.

Ia menjelaskan konstruksinya sendiri bertahap, tahun pertama pagu anggaran sebesar Rp 63,7 Miliar, tahun kedua Rp 200 Miliar, dan tahun ketiga Rp102 Miliar.

"Ada kebutuhan memperluas Pelabuhan untuk mengantisipasi kenaikan aktifitas bongkar muat tahun ini, karena tahun lalu, sudah over-capacity,"

Dengan peluasan ini, Pelabuhan Batu Ampar dapat meningkatkan kapasitas volume bongkar muatnya sekitar 100%-300% dalam tiga tahun ke depan menjadi 400.000-600.000 TEUs, dibantu oleh meningkatnya kedatangan arus barang di pelabuhan itu dan meningkatnya investasi di sektor industri.

Dwi menjelaskan perluasan dermaga ini juga akan memperlancar arus barang sehingga bisa menarik investor asing untuk menanamkan modalnya di Batam dan diharapkan meningkatkan kontribusi investasi sektor industri pengolahan sebagai sektor utama penggerak pelabuhan yang menyumbang 46% PDRB Kepulauan Riau tahun lalu.

"Jika perluasan ini telah selesai dibangun, maka kapasitas pelabuhan peti kemas Batu Ampar diperkirakan akan berkapasitas sekitar 400ribu-600ribu TEUs,"

Dermaga baru
Dalam proyek perluasan dermaga, secara spesifik, BP Batam berencana memperluas panjang dermaga utara pelabuhan menjadi 1010 meter dari panjang saat ini 350 meter.

Dwi mengungkapkan perluasan dermaga ini juga untuk mengantisipasi kenaikan volume arus kargo pada tahun-tahun mendatang sebelum menunggu investor baru yang mengelola Batu Ampar.

Alasan itu mengingat pada tahun 2011 volume bongkar muat Batu Ampar telah melebihi kapasitas 200.000 TEUs. Pada tahun 2011 volume arus kargo yang dilayani Batu Ampar mencapai hampir 350.000 TEUs atau mengalami kelebihan sekitar 150.000 TEUs.

"Dengan bertumbuhnya volume bongkar muat pada tahun lalu dan volume tertinggi dalam beberapa tahun belakangan, kita memperkirakan pada tahun ini mengalami kenaikan hampir 6%-10%,"

Selain dermaga baru, BP Batam juga akan menambah sarana penopang pelabuhan termasuk penambahan dua crane pengangkut peti kemas berkekuatan 40 ton.

Dwi menyebutkan saat ini, crane milik BP Batam yang digunakan di pelabuhan hanya ada tiga, salah satunya berkekuatan 40 ton, dua lagi crane bergerak dengan kekuatan 1 ton, disamping crane milik swasta, yang tidak disebut jumlahnya oleh Dwi karena jumlahnya yang banyak.

Kerja sama Pelindo
Penundaan pengembangan Pelabuhan Batu Ampar karena belum adanya investor baru atau operator pelabuhan pasca mundurnya pemenang tender sebelumnya CMA-CGM membuat BP Batam dan Pelindo harus bekerja sama.

Dwi menyampaikan BP Batam menggunakan jasa Pelindo dalam bentuk kerja sama untuk mengembangkan pelabuhan Batu Ampar dengan tujuan mencari investor. Rencananya juga, pada bulan depan akan dilakukan tender ulang pelabuhan.

"Untuk investor container port tetap kita cari, dan kita kerja sama dengan Pelindo untuk mencari investor yang sekaligus punya liner juga. Bulan depan kita tender,"

Dalam rencana BP Batam, pengembangan pelabuhan yang akan dibangun investor baru akan meningkatkan kapasitas kontainer pada tahap pertama menjadi 2.000.000 TEUs dan tahap akhir 4.000.000 TEUs dari kondisi sekarang yang hanya 90.000 TEUs. Sementara panjang dermaga menjadi 1800 meter pada tahap pertama dan 3000 pada tahap akhir dari 600 meter.

Sedangkan kedalaman pada sisi dermaga menjadi 17 mLWS dari 6-12 mLWS. Untuk luas area kontainer menjadi 180.000 m2 pada tahap pertama dan 650.000 m2 tahap akhir dari luas sekarang 60.000 m2. (K17/Bsi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar