Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 07 Maret 2013

Investor Datang, Batam Butuh 3.827 Orang Pekerja

Kamis, 7 Maret 2013  (sumber : Posmetro Batam)

BATAM, METRO: Selama periode Januari ada tiga Penanam Modal Asing (PMA) baru yang berinvestasi sebesar 2,66 juta dolar AS di Batam. “Dua PMA lainnya melakukan perluasan usaha dengan nilai investasi 40,9 juta dolar AS,” jelas Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan.

Nilai investasi Februari 2013, menurutnya, dilakukan lima perusahaan. Dimana empat perusahaan menggelontorkan investasi mencapai 7 juta dolar AS, satu perusahaan lainnya melakukan perluasan usaha dengan nilai investasi, 72,4 juta dolar AS.

Yah, dalam dua bulan BP Kawasan Batam mendapatkan 10 PMA. Para investor tersebut menginvestasikan modal total 121,87 juta dolar AS. “Perusahaan Singapura yang investasi itu, bergerak di bidang jasa penunjang konstruksi minyak dan gas. Perusahaan ini membutuhkan tenaga kerja sekitar 3.827 orang,” bebernya, Selasa (5/3) siang.

Ilham menerangkan, perusahaan tersebut melakukan dua kali perluasan usaha. Setelah pada Januari membutuhkan 1.827 pekerja, lalu Februari mempekerjakan sekitar dua ribu tenaga kerja. “Sektor usaha yang diminati investor, pertama perdagangan besar, kemudian pembuatan kapal, industri penunjang migas dan perusahaan semen,” ujarnya.

Selain Singapura yang join dengan Indonesia, ada juga perusahaan dari Korea Selatan dan perusahaan join Inggris-Indonesia. “Dana proyek perluasan investasi perusahan itu pada Januari lalu 40,6 juta dolar AS dan Februari 72,4 juta dolar AS,” rincinya.

Direktur PTSP dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho mengungkapkan, tahun ini pihaknya menargetkan PMA dapat menanamkan investasi senilai 350 juta dolar AS. Investasi yang ditargetkan mulai dari Izin Usaha Tetap atau realisasi, perluasan dan approval atau aplikasi. “Kepastian hukum masih menjadi kendala investasi yang masih harus dihadapi investor di FTZ Batam pada tahun ini,” keluhnya.(ams)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar