Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 27 Maret 2013

BP BATAM SERAHKAN TIGA PELABUHAN KE PELINDO

Selasa, 26 Maret 2013  (sumber : ANTARA)

    Batam, 26/3 (Antara) - Badan Pengusahaan (BP) Batam menyerahkan pengelolaan tiga pelabuhan kepada PT Pelindo I (Persero) mulai akhir 2013.

    "Pelabuhan yang pengelolaanya akan diserahkan meliputi Pelabuhan Bongkar Muat Batuampar, Pelabuhan Domestik Sekupang dan Pelabuhan Domestik Telagapunggur," kata Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam Ilham Eka Hartawan di Batam, Selasa.

    Pelabuhan Bongkar Muat Batuampar merupakan satu di antara tiga pelabuhan bongkar muat yang dimiliki BP Batam untuk menunjang status sebagai kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas (free trade zone/FTZ) selain pelabuhan bongkar muat Sekupang dan Kabil.

    Sedangkan Pelabuhan Domestik Sekupang merupakan pelabuhan penumpang utama dari Batam ke berbagai wilayah di Provinsi Kepulauan Riau seperti Kabupaten Karimun dan pulau-pulau sekitarnya serta Provinsi Jambi dan beberapa kota di Provinsi Riau.

    Sementara itu Pelabuhan Telagapunggur merupakan pelabuhan utama dari Batam ke ibu kota Provinsi Kepulauan Riau di Tanjungpinang dan Kabupaten Lingga.

    Ilham mengatakan pengambilalihan pengelolaan tiga pelabuhan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan pengguna pelabuhan penumpang atau pelabuhan bongkar muat barang penunjang status Batam "Persero Batam, yang selama ini juga berkecimpung mengurusi berbagai aktivitas di Pelabuhan Batuampar, nantinya juga akan dilebur ke PT Pelindo I," kata dia.

    Saat ini, lanjut Ilham, tim pelaksana kerja sama tengah melakukan penyusunan rencana kerja untuk memuluskan nota kesepahaman (MoU) tersebut.

    "BP Batam membutuh operator yang mampu mengelola Batuampar dan terminal lain. Karena kami melihat peningkatan kebutuhan logistik pengguna jasa dan melihat kemampuan Pelindo itu sendiri, sehingga diharapkan dapat lebih memberikan kenyamanan," kata Ilham.

    BP Batam, kata dia, akan menyerahkan pengelolaan pelabuhan di Batam kepada Pelindo I guna memperbaiki sistem transportasi logistik di Terminal Batuampar dan transportasi laut terminal penumpang.

    "Untuk saat ini BP Batam masih terus mengembangkan Pelabuhan Batuampar untuk mengantisipasi lonjakan peti kemas ekspor-impor melalui pelabuhan tersebut," kata dia.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar