Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 18 Maret 2013

RSOB Akan Gelar Seminar Remaja

Senin, 18 March 2013  (sumber : Haluan Kepri)
 
Sekupang- Rumah Sakit Otorita Batam (RSOB) - Badan Pengusahaan (BP) Batam bekerjasama dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Kepulauan Riau akan menyelenggarakan seminar remaja pada 7 April mendatang di Hotel Harris, Batam Centre, Batam.


Adapun tema yang diusung dalam seminar tersebut adalah “Remaja Masa Kini dan Permasalahannya”. Bertindak sebagai narasumber dalam seminar tersebut antara lain dr. Rini Sekartini SpA (K),  dr. I Putu G Kayika SpOK (K), dr. Ari Fahrial Syam SpPD KGEH, dr Wita Jayanti SpM, dr. Titis B, SpKJ, dr. Tridia Sudirga SpKK.

Menurut Ketua Pelaksana  dr. Rudi Ruskawan, SpA biaya yang dipungut dari kepesertaan seminar sebesar Rp50 ribu untuk umum dan Rp30 ribu untuk pelajar dan mahasiswa.

Pendaftaran dapat dilakukan di Bagian Humas RSOB BP Batam Gedung A lantai 1 Sekupang, Klinik Satelit RSOB BP Batam di Baloi (sebelah Polsek Lubuk Baja), Klinik Bandara, dan Klinik Bifza di BP Batam, Batam Centre. Pendaftaran juga dapat dilakukan dengan cara mengirim SMS ke 08192641039 (Sudirman).

Remaja adalah masa yang penuh dengan permasalahan. Pernyataan ini sudah dikemukakan jauh pada masa lalu, yaitu di awal abad ke-20 oleh Bapak Psikologi Remaja, Stanley Hall. Pendapat Stanley Hall pada saat itu, yaitu bahwa masa remaja merupakan masa badai dan tekanan (storm and stress) sampai sekarang masih banyak dikutip orang.

Permasalahan akibat perubahan fisik banyak dirasakan oleh remaja awal ketika mereka mengalami pubertas. Pada remaja yang sudah selesai masa pubertasnya (remaja tengah dan akhir) permasalahan fisik yang terjadi berhubungan dengan ketidakpuasan/keprihatinan mereka terhadap keadaan fisik yang dimiliki yang biasanya tidak sesuai dengan fisik ideal yang diinginkan.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, ikut berkembang pula perkembangan remaja di Indonesia. Ada yang menjurus ke hal positif dan juga kepada hal yang negatif. Contoh dampak negatifnya adalah seks bebas. Di kalangan remaja seks bebas telah banyak dilakukan oleh remaja bebas.

Saat remaja merupakan saat yang paling rentan, kenapa? Karena pada saat remaja, emosi paling besar. Seorang remaja berusaha tampil lebih baik daripada orang lain, tidak mau kalah dengan orang lain. Emosi yang tidak stabil itu menyebabkan mudah masuknya pengaruh dari luar. Di usia remaja, akibat pengaruh hormonal, juga mengalami perubahan fisik yang cepat dan mendadak. Perubahan ini ditunjukkan dari perkembangan organ seksual menuju kesempurnaan fungsi, serta tumbuhnya organ genetalia sekunder. Hal ini menjadikan remaja sangat dekat dengan permasalahan seputar seksual. Namun terbatasnya bekal yang dimiliki menjadikan remaja memang masih memerlukan perhatian dan pengarahan.

Remaja di Indonesia cenderung berpikir sempit, remaja memang cenderung berpikir masa kini saja. Barulah bila semakin bertambah usia, masa depan semakin diperhitungkan. Di masa dewasa lah orang biasanya mulai menyesali perilakunya di kala remaja. Dengan posisi Pulau Batam dan Kepulauan Riau yang berada di perbatasan negara, perkembangan remaja juga dipengaruhi oleh arus informasi dan karakter budaya yang masuk. (r)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar