Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 18 Maret 2013

Technopark Dorong Lahirnya Perusahaan Baru Berbasis Inovasi Teknologi

 
Sabtu, 16 Maret 2013  (sumber : Tribun Batam)
 
TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM - Batam Technopark membuat program inkubator berteknologi. Sebagai upaya mempertajam batam technopark, program ini menurut Tri Novianta Putra Kasubdit Monitor dan Evaluasi Industri dan Perdagangan BP Batam merupakan program yang mendorong pembentukan perusahaan-perusahaan baru berbasis inovasi teknologi.

"Kalau kita mengenal inkubator inikan untuk anak bayi yang mungkin lahir dalam kondisi belum sehat. Jadi dimasukkan ke inkubator untuk disehatkan, tapi kalau di sini kami bukan menyehatkan perusahaan-perusahaan yang ada. Tapi lebih mendorong, perusahaan baru," jelasnya usai acara Focus Group Discussion Batam Techno Park di Gedung Marketing BP Batam, Kamis (14/3/2013).

Itulah yang menjadi fungsi inkubator teknologi. Untuk mendukung inkubator tersebut, disediakan berbagai macam fasilitas seperti kantor, mentoring, akses internet dan banyak lain.

"Kalau yang di Serpong dikasih jangka waktu tiga tahun. Tapi ada bisnis plannya, nanti selama tiga tahun itu kami dampingi terus dan sediakan fasilitasnya. Untuk di Batam sendiri, karena masih baru, kami baru sediakan fasilitas mentoring. Itupun belum in wall," paparnya.

Salah satu yang dicontohkannya yakni mentoring atau pelatihan produksi animasi kepada 40 mahasiswa poltek dan 20 siswa SMK.

"Itupun karena PT Kinema nya yang meminta. Sebab, saat ini masih sedikit tenaga ahli di bidang itu. Mereka (kinema) banyak mengambil dari india, dan negara lainnya. Mentoring itupun baru sebatas outwall, atau belum menetap setiap saat. Karena fasilitas kami masih terbatas," katanya.

Ke depan Batam Techno Park, akan membagi beberapa sektor UKM yang akan dikembangkannya dengan berbagai program Batam Techno Park.

"Seperti manufaktur elektronika, perkapalan, support oil and gas, dan animasi. Tapi itu masih panjang, untuk awal ini kami masih peningkatan kualitas SDM dulu saja," tukasnya. (*)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar