Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 30 Oktober 2012

Transformasi ke Industri Bernilai Tambah Tinggi

Kepala BP Batam, Mustofa Widjaja, memotong tumpeng, pada syukuran hari ulang tahun BP Batam, yang ke-41 tahun.

Dari Hari Bhakti ke-41 BP Batam
Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Batam, akan melakukan sejumlah proyek pembangunan, setelah merayakan hari baktinya yang ke-41. Di antaranya mengembangkan industri elektronik dan mengembangkan infrastruktur di Batam.
Infrastruktur yang akan dikembangkan, kata Kepala BP Batam, yaitu jalan, listrik, dan air.
”Hingga 2015 mendatang, kita akan kembangkan SDM dan intensifikasi lahan dan melakukan pemanfaatan lahan, hingga proyek pembangunan fisik,” katanya, Senin (29/10).
Terkait dengan proyek pembangunan yang direncanakan adalah pengerjaan pelabuhan Batuampar, Pulau Tanjungsauh, serta penyelesaian wish water treatment (pengolahan air kotor/limbah).
”Kita juga kembangkan perbaikan untuk penyedian air baku,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Mustofa menyampaikan, dalam rentang waktu itu, akan dilakukan pembangunan koridor jalan tol. Dia beralasan, jalan tol harus dibangun untuk memberikan arus lalu lintas angkutan barang.
”Perlu memberikan akses terpisah untuk angkutan kebutuhan industri menuju pelabuhan. Mulai Batuampar, Nongsa sampai Mukakuning,” imbuhnya.
Selain itu, kembali Mustofa menyampaikan rencana membangun kereta rel di Batam. Kereta dimaksud untuk penumpang orang dan bukan barang. ”Lokasinya dari Nongsa hingga Batuampar. Kemudian Sekupang, lalu Batuaji-Batamcentre. Transportasi massal diharapkan sudah bisa dinikmati tahun 2017,” ujar Mustofa.
BP Batam juga akan melakukan pemasangan dan promosi terfokus, serta transformasi ke industri bernilai tambah tinggi. ”Kita juga akan membangun gateway di antara pusat produksi dan pusat kebutuhan,” imbuhnya.
Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho mengatakan, BP Batam akan mengembangkan industri bernilai tambah tinggi di Batam. Strategi pengembangan melalui strategi berimbang.
”Akan dilakukan promosi dan pemberdayaan industri yang ada dan industri baru yang potensial,” imbuhnya. (mbb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar