Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 24 Oktober 2012

Genjot Minat Baca Karyawan, BP Batam Adakan Lomba Resensi Buku

Rabu, 24 Oktober 2012 (Sumber : Posmetro Batam)

Batam, Metro : Untuk melihat minat karyawannya dalam membaca buku, Badan Pengusahaan (BP) Batam menyelenggarakan perlombaan meresensi buku dengan tema "Pembangunan Pulau Batam dan Perspektif Sejarah". Kegiatan ini dilaksanakan mulai Senin (22/10) hingga Rabu (22/10).

Kepala seksi (Kasi) Humas BP Batam, Yudi H Purdaya mengatakan, kegiatan ini memang dikhususkan untuk para karyawan BP Batam. Tetapi ke depan, pihaknya akan menyelenggarakan kegiatan yang sama untuk para pelajar.

"Perlombaan ini diikuti 38 peserta dan seluruhnya karyawan BP Batam. Kita ingin menggali potensi dan bakat karyawan dalam meresensi buku," katanya saat ditemui POSMETRO, di lantai III gedung IT Center BP Batam. Selain itu, lanjutnya, kegiatan itu dilakukan juga bertujuan untuk membiasakan karyawan gemar membaca buku dan sekaligus memperkenalkan perpustakaan BP Batam kepada seluruh karyawan.

Menurut Yudi, ada tiga judul buku yang harus dibuatkan resensi dari 17 judul yang disediakan. Ketiganya lanjut Yudi, berisikan mengenai perkembangan Kota Batam.

"Buku pertama itu judulnya mengungkap fakta pembangunan Batam. Kemudian menuju Batam yang cemerlang dan terakhir judulnya bercermin sejarah menyongsong Batam masa depan," ujarnya. Setelah mengikuti perlombaan tersebut, Yudi berharap para karyawan BP Batam ke depannya dapat sesering mungkin  membaca buku. Karena lanjutnya dengan membaca khususnya tentang Kota Batam, dapat memperluas wawasan terhadap perkembangan kota industri ini dari dulu hingga sekarang. Selain itu, ia juga mengharapkan para karyawanyang mengikuti perlombaan itu, dapat mengasah bakat menulisnya. "Kami juga berharap para karyawan dapat lebih mengenal, bahwa di perpustakaan kita banyak yang bisa digali mengenai Kota Batam," jelasnya.

Kepala Sub Bagian Perpustakaan BP, Ungkap Hutapea mengatakan, perlombaan ini dilakukan berawal dari ide Kepala Biro (Kabiro) Sekretariat dan Protokol BP Batam, gani Lasa. Ia mengatakan, dilakukan oleh tiga dewan juri yang berasal dari media, Perpustakaan Nasional dan BP Batam. "Yang kita nilai itu sistematika pemikirannya. Kemudian pendapat tentang buku (opini) di resensi. Dua poin penting ini saja yang kita lakukan untuk menentukan juara," jelasnya.

Ungkap mengatakan, karyawan yang nantinya menyabet juara satu akan di bawa berkunjung ke perpustakaan UIN dan UGM, Jogjakarta. Sementara juara dua akan di bawa ke Perpustakaan Nasional RI. Dan juara tiga akan di boyong ke perpustakaan Suman HS, Pekanbaru.

"Jadi nantinya minat baca mereka (karyawan) akan kita angkat agar mereka lebih bayak tahu tentang perpustakaan. Tim juri dari media, Perpusnas Ibu Martini dan dari BP Batam. Menurutnya, perpustakaan yang dijaganya memang rata-rata menyediakan buku mengenai BP Batam dan perkembangan Kota Batam. "Sekitar 60 sampai 70 persen memang mengenai BP Batam, khususnya tentang lembaga kita. Tetapi banyak juga buku-buku umum lainnya, seperti kesehatan, teknologi, dan lain-lain. Disini (perpustakaan BP Batam) ada sembilan ribu judul buku," jelasnya.

Ia mengatakn, perpustakaan BP Batam tidak hanya di kunjungi para karyawan, masyarakat umum, juga pelajar dan mahasiswa. "Mereka datang ke sini saat libur sekolah atau saat mau ujian. Kita juga sudah memiliki jadwal dan mengundang semua sekolah serta universitas. Kita juga membina sekolah. Mereka rata-rata banyak yang membaca buku tentang ilmu yang sedang mereka pelajari di sekolah," jelasnya. Tidak hanya itu, menurut Ungkap, para pelajar dan mahasiswa sering memberikan saran mengenai buku apa saja yang seharusnya di sediakan di perpustakaan. (ams)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar