Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 09 Oktober 2012

Puluhan Perawat RS Otorita Batam Keracunan Makanan

Selasa, 9 Oktober 2012 (Sumber : Posmetro Batam)

SEKUPANG, METRO : Diduga akibat memakan makanan ringan, sebanyak 30 orang peserta Senam Jantung Sehat yang digelar di parkiran Kanotr BP Kawasan Batam, Minggu (7/10) malam, terpaksa dilarikan ke RS BP Kawasan Sekupang. Pasien yang kebanyakan dari pegawai BP Kawasan itu sendiri, disebabkan karena dugaan keracunan. Hal ini dibenarkan oleh Wawan Setiawan, Humas RS BP Kawasan Batam.

Masih diselidiki walau ada dugaan keracunannya di makanan," ujar Wawan ditemui di Sekupang, Senin (8/10) kemarin. Ia menjelaskan keracunan itu belum tentu diakibatkan karena faktor snack yang dimakan peserta.

"Menurut kami, selain dari dugaan makanan, penyebabnya karena situasi dan kondisi cuaca yang buruk saat acara. Peserta bolak balik turun tangga, karena hujan disertai daya tahan tubuh yang kurang," ujar Wawan sambil mengatakan acara terpaksa berpindah tempat dari lapangan parkir BP Batam dipindah ke Gedung Balairung Sari.

Disamping itu, ia juga memakan snack namun tidak apa-apa. Disinggung dari mana pesanan snack tersebut, panitia sebelumnya sudah memesan dari Bread House. "Mereka juga mencicipi snack tersebut, tapi tak ada masalah," ujarnya. Ketua panitia dr Afdhalun A.Hakim mengatakan, penyebab keracunan itu bisa juga dari makanan yang sudah terkontaminasi.

"Kemungkinan besar dari makanan sandwich itu. Gejala awalnya memang pasien muntah-muntah dan diare," ujar Afdhalun.

Ditambahkannya, 90 persen pasien yang keracunan adalah perawat. "Kebetulan snack ada sisa, dan dibawa ke sini (rumahsakit), dimakan oleh perawat kita," katanya. Sementara kenapa bisa keracunan, sambungnya, makanan tersebut rata-rata disantap di atas jam dua siang. "Alhamdulillah pasien sudah pulang dari semalam. Dari 30 pasien delapan yang dirawat dan sisa empat orang yang masih dirawat," tutupnya. (cnk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar