Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 24 Oktober 2012

Techno Park Mulai Beroperasi 2013

BATAM - Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) akan memulai pengembangan startup lokal berbasis teknologi yang akan diberikan nama Batam Techno Park. Gedungnya saat ini diakui sedang dikerjakan yang letaknya di Politehnik Batam dan akan dioperasikan awal tahun 2013 mendatang.
Demikian disampaikan, Kasubdit Monitor Evaluasi Industri dan Perdagangan BP Batam, Tri Novianta Putra, Senin (22/10). Disampaikan, gedung untuk Techno Park ini akan selesai Desember 2012 dan akan beroperasi Januari 2013. Techno park menjadi inkubator teknologi, dalam mendorong munculnya startup lokal. Ini untuk memperkuat inovasi teknologi.

“Akhir tahun ini selesai dan nanti akan mulai program pelatihan, inkubator teknologi, inovasi tehnologi dengan kerjasama Poltek dan Institut Teknologi Bandung,” katanya.
Untuk biaya pembangunan, dialokasikan dari pemerintah pusat Dikti, Kemendiknas. Sementara BP Batam, mengalokasikan Rp300 juta untuk pelatihan Teaching Factory. BP Batam bekerja sama dengan Politeknik Batam dan ITB untuk menyerap startup lokal. Di Batam Techno Park ini, akan dimanfaatkan untuk mengintegrasikan temuan inkubator teknologi. “Kita libatkan ITB, karena mereka punya desain dan produk prototipe inovasi tehnologi,” katanya.
Ke depan di Batam Techno Park, ITB yang sudah memiliki desain beberapa produk prototipe inovasi teknologi, bisa memproduksi di Batam. Salah satu inovasi tehnologi yang dihasilkan, diantaranya, jaringan data 4G dengan produk Wimax.
Dimana, Wimax jangkuannya lebih luas dan ini digunakan untuk komunikasi dan data. Wimax ini dalam rangka menghubungkan antar pulau lewat komunikasi. Jangkauannya bisa 20 kilometer.(mbb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar