Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 15 Oktober 2012

Pelayan di Bandara Terganggu Akibat Pemadaman Listrik

BATAM (HK)- Padamnya listrik, Sabtu (13/10) berimbas juga ke Bandara Internasional Hang Nadim Batam sekitar pukul 10.55 WIB. Penjualan tiket di salah satu maskapai penerbangan sempat tertunda selama 15 menit.

Pantauan Haluan Kepri di lapangan, suasana badara berubah menjadi gelap. Sejumlah fasilitas yang terdapat di bandara tidak dapat difungisikan mulai dari konter tiket hingga sejumlah cafetaria. Bahkan sebagian cafetaria menggunakan lilin untuk menerangi ruangan.

Salah seorang pengunjung Bandara, Anto menyampaikan kekecewaannya dterhadap pelayanan bandara yang tidak menyiapkan mesin ginset untuk mengantisipakasi jika mati lampu.

"Masak Bandara Internasional seperti ini bisa mati lampu kayak gini sih. Seharusnya pengelola bandara jauh-jauh hari harus mengantisipasi permasalahan itu," ujar Anto.

Menyikapi keluhan itu, Kabid Ops Darat Bandara Hang Nadim, Setyo Utomo mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan listrik yang padam dari PLN Batam, pihaknya mempergunakan mesin sendiri (genset) yang telah tersedia.

Namun, genset yang dimiliki tidak mampu memasok listrik ke seluruh bandara, sehingga yang mampu dihidupkan hanya fasilitas utama atau yang penting saja.

"Berselang satu menit listrik langsung kita hidupkan menggunakan genset milik bandara. Namun tidak bisa memasok untuk keseluruhan fasilitas yang ada di bandara. Hanya fasilitas pelayanan dan itu juga kita pasok bertahap," terangnya.

Dia menjelaskan, pihaknya langsung menghubungi PLN untuk menyalakan kembali listrik di bandara yang masa pemadamannya waktu itu berlangsung selama satu jam. Tujuannya, kata Setyo, agar tidak mengganggu pelayanan bagi masyarakat yang ingin berpergian.

Tidak hanya pelayanan di bandara yang terhambat. Pemadaman listrik juga berimbas terhadap pasokan air besih (ATB-red) di seluruh bandara. Stok air bersih yang ada saat itu tidak mampu memenuhi kebutuhan.

Humas ATB Enriqo yang dihubungi menjelaskan, tidak tersalurnya air ke bandara dikarenakan adanya pemadaman listrik. Dan kondisi ini juga terjadi di sejumlah titik lainya di Batam.

"Tidak adanya aliran listrik membuat pompa air kita tidak berfungsi. Namun saya yakin pihak PLN saat ini sedang bekerja mengupayakan agar listrik kembali hidup." jelasnya. (Cw57)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar