Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 22 Oktober 2012

44 PMA Investasi di Batam

Serap 4.133 Naker
BATAM CENTRE (HK)- Periode Januari hingga September, di tahun 2012 setidaknya ada 44 Penanaman Modal Asing (PMA) berinvestasi di Batam. Tenaga Kerja (Naker) yang mampu diserap sebanyak 4.133 orang.

Kasubdit Humas dan Publikasi Badan Pengusahaan (BP) Batam, Ilham Eka Hartawan mengatakan, ke 44 PMA secara keseluruhan berinvestasi sebanyak  US$ 81,74 juta.

"Ke 44 perusahaan itu, untuk di Batam, dominannya masih dari industri shypyard, kemudian manufaktur, elektronik dan penunjang migas," ujar Ilham kemarin.

Kata Ilham, jika dilihat data perbulannya tahun ini, maka PMA pada Januari, ada empat perusahaan dengan nilai investasi sebesar US$ 4 juta, Februari ada delapan dengan nilai investasi US$ 10,4 juta, Maret ada enam, dengan nilai investasi US$ 9,85 juta, April ada empat, dengan nilai investasi US$ 2 juta dan  Mei empat PMA dengan nilai US$ 4 Juta.

Pada bulan Juni ada empat PMA dengan nilai investasi  US$ 1,5 juta, Juli 12 PMA investasi US$ 11,8 juta, Agustus lima PMA investasi US$ 26,6 juta dan September dua PMA investasi US$ 2,2 juta.

"Untuk bulan September tahun ini, sedikit mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya di bulan yang sama. Untuk tahun ini, nilai ivestasi sebesar US$ 2,2 juta, sementara tahun sebelumnya mencapai US$ 25,6 juta. Dimana bulan September tahun ini realisasi investasi dilihat dari penerbitan izin usaha tetap cuma dua perusahaan yang mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 636 orang," kata Ilham.

Kedua perusahaan tersebut, kata Ilham, adalah produsen kabel listrik asal Singapura dan perusahaan ekspor-impor asal Ukraina yang masing-masing joint venture dengan perusahaan asal Indonesia berinvestasi dengan membangun pabrik baru.

Dijelaskan Ilham, perbandingan bukan hanya periode tahun sebelumnya. Namun, jika dilihat dari realisasi dua bulan terakhir, (Juli-Agustus), di bulan September juga menunjukkan perlambatan realisasi PMA.

"Laporan investasi bulanan penerbitan IUT, Agustus tahun ini ada lima perusahaan asing berinves dan pada Juli setidaknya ada 12 perusahaan. Meski lebih tinggi dibandingkan bulan September. Namun setidaknya pada periode itu pengajuan aplikasi investasi pada September tahun ini terdapat 12 PMA dengan total investasi senilai US$ 28,2 juta," kata dia.

Beberapa bidang investasi tersebut mencakup industri perakitan komputer dan elektronik, industri semi-konduktor, jasa penunjang migas, perbaikan kapal dan pembuatan kapal.

Negara yang mengajukan aplikasi berasal dari Malaysia, Jepang, Singapura dan Australia. Dan untuk ketahui, BP Batam menargetkan investasi asing baru di Batam pada 2012 mencapai 100 perusahaan baru.(Cw56)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar