Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 22 Oktober 2012

BP Batam Belum Tahu Penyebabnya, Tapi Tetap Optimis

Senin, 22 Oktober 2012 (Sumber : Tanjung Pinangpos)

Nilai Investasi Asing Turun

Selama periode September 2012 ini, nilai investasi di Batam, mengalami penurunan dibanding periode yang sama tahun lalu. Di mana, pada September 2011, nilai investasi mencapai 25,6 juta dollar Amerika Serikat. Sementara di periode yang sama tahun ini, nilai investasi hanya 2,2 juta dollar Amerika Serikat.

Demikian diakui Kasubdit Humas dan Publikasi, BP Batam, Ilham Eka Hartawan, Sabtu (20/10) di Batam. "Nilai investasi asing turun, karena hanya ada investasi 2,2 juta dollar AS pada September tahun ini," katanya.

Penurunan tidak hanya terjadi jika dibandingkan periode sama pada tahun lalu. Bahkan, penurunan juga diakui terjadi dibandingbulan Agustus 2012 lalu, nilai investasi yang masuk, 26,6 juta dollar AS. Demikian dibanding Juli 2012 yang nilai investasi 11,8 juta dollar AS.

"Dibandingkan realisasi investasi pada bulan Juli dan Agustus 2012, juga menunjukkan penurunan," katanya.

Hanya saja, Ilham tidak mengungkapkan penyebab penurunan realisasi investasi itu. Dia hanya menyebutkan pihaknya masih optimis ada pertumbuhan investasi ke depan.

"Cukup banyak yang masuk investasi sepanjang tahun ini. Namun, masih didominasi industri galangan kapal, manufaktur elektronik, dan penunjang migas," bebernya.

Disampaikan, untuk September 2012 ini, investasi yang masuk, merupakan produsen kabel listrik asal Singapura dan perusahaan ekspor-impor asal Ukraina. Perusahaan-perusahaan ini masuk Batam merupakan joint venture dengan perusahaan Indoensia.

"Kedua perusahaan ini, akan menyerap tenaga kerja Indonesia sebanyak 636 orang," sambungnya.

Dibeberkan, jika diakumulasi, sejak Januari hingga September 2012, investasi yang masuk Batam, sudah sebanyak 44 PMA. Di mana, nilai investasi mencapai 81,74 juta dollar AS.

"Perusahaan ini mampu menyerap tenaga kerja Indonesia sekita 4.133 orang," imbuh Ilham.

Selain yang sudah merealisasikan investasinya, pada September ini ada 12 perusahaan asing, yang mengajukan aplikasi. Dimana, perusahaan ini akan berinvestasidengan nilai 28,2 juta dollar AS.

"Perusahaan itu bergerak di bidang perakitan komputer dan elektronik, industri semi konduktor, jasa penunjang migas, perbaikan kapal serta pembuatan kapal," jelasnya mengakhiri. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar