Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 25 Oktober 2012

BP Batam Gelar Lomba Resensi Buku

Tingkat Minat Baca

BATAM CENTRE (HK)- Menumbuhkembangkan minat membaca dan cinta buku, Badan Pengusahaan (BP) Batam melakukan perlombaan meresensi buku, yang digelar selama tiga hari Senin hingga Rabu (22-24 OKtober), yang dikhususkan untuk para staf BP Batam.

Kepala seksi (Kasi) Humas BP Batam, Yudi H Purdaya mengatakan, dengan tema, 'Pembangunan Pulau Batam dan Perspektif Sejarah' kegiatan ini memang dikhususkan untuk para karyawan BP Batam dan rencananya ke depan, kegiatan yang sama akan dibuka untuk umum.

"Perlombaan ini diikuti 38 peserta dan seluruhnya karyawan BP Batam. Ke depan, kita akan menyelenggarakan kegiatan yang sama untuk para pelajar dan mahasiswa bahkan terbuka untuk umum," kata Yudi, ditemui di lantai III gedung IT Centre BP Batam, Selasa (23/10).

Dikataknnya, hal ini bertujuan menggali potensi dan bakat karyawan dalam meresensi buku dan tentunya membiasakan karyawan agar gemar membaca buku. Karena, menurut Yudi, hal ini sangat besar manfaatnya bagi perkembangan Batam sendiri.

Dan tentunya dengan membaca khususnya tentang Kota Batam, dapat memperluas wawasan terhadap perkembangan kota industri ini dari dulu hingga sekarang serta dapat mengasah bakat menulisya.

"Sekaligus memperkenalkan perpustakaan BP Batam kepada seluruh karyawan. Perlombaan ini setidaknya tiga judul buku yang harus dibuatkan resensi dari 17 judul yang disediakan. Dan semuanya berisikan mengenai perkembangan Kota Batam," ujarnya.

Adapun judul bukunya, yakni mengungkap fakta pembangunan Batam, Menuju Batam yang cemerlang dan Bercermin sejarah menyosong Batam masa depan.

Kepala Sub Bagian Perpustakaan BP, Ungkap Hutapea mengatakan, penilaian nanti dilakukan oleh tiga dewan juri yang berasal dari media, Perpustakaan Nasional dan BP Batam. Ada dua poin yang dinilai penting untuk menentukan juara.

"Pertama sistematika pemikirannya, kemudian pendapat tentang buku (opini) yang di resensi," ujar Ungkap.

Dijelaskannya, para juara akan diberi kesempatan untuk berkunjung ke berbagai pustaka yang ada di Indonesia. Untuk juara satu akan dibawa berkunjung ke perpustakaan Win dan UGM, Jogjakarta. Sementara juara dua akan di bawa ke Perpustakaan Nasional RI dan Juara tiga akan diboyong ke Perpustakaan Suman HS, Pekanbaru.

"Dengan begini mereka lebih banyak tahu tentang perpustakaan," katanya.

Disinggung mengenai ketersediaan buku yang ada di BP Batam, Ungkap menjelaskan, perpustakaan yang dijaganya buku yang ada sekitar 60 sampai 70 persen memang mengenai BP Batam. Dan rata-rata menyediakan buku mengenai BP Batam dan perkembangan Kota Batam.

"Seperti tentang lembaga kita, tetapi banyak juga buku-buku umum lainnya. Seperti kesehatan, teknologi dan lain-lain. Disini (perpustakaan BP Batam) setidaknya ada sembilan ribu judul buku. Dan dari kunjungan yang ada, buku yang paling banyak diminati itu di kelas 600 mengenai tehnologi," jelasnya. (cw56)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar