Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 22 Oktober 2012

INVESTASI FTZ BATAM CAPAI 2,2 JUTA DOLAR

  • Copyright:ANTARA
  • Date:Okt 21/2012)
  •  - Nilai investasi asing di Kawasan Pelabuhan dan Perdagangan Bebas Batam selama September 2012 mencapai 2,2 juta dolar Amerika, turun dibanding dua bulan sebelumnya.

Kasubdit Humas dan Publikasi Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) Ilham Eka Hartawan di Batam, Minggu, mengatakan investasi tersebut berasal dari dua perusahaan yaitu produsen kabel listrik asal Singapura dan perusahaan ekspor-impor asal Ukraina yang masing-masing joint venture dengan perusahaan asal Indonesia.

Sementara itu, kata dia, berdasarkan laporan investasi bulanan penerbitan Izin Usaha tetap (IUT) BP Batam, pada Agustus 2012 ada lima perusahaan asing berinvestasi senilai 26,6 juta dolar AS, sementara pada Juli ada 12 perusahaan dengan total nilai investasi 11,8 juta dolar AS.

"Banyak faktor yang mengakibatkan infestasi pada tiga bulan tersebut terus menurun. Selain isu upah yang akan naik, kondisi ekonomi dunia yang belum stabil juga menjadi penyebab," kata dia.

Ia mengatakan, secara akumulatif sejak Januari hingga September ada sebanyak 44 perusahaan asing berinvestasi di Batam dengan total investasi mencapai 81,74 juta dolar AS dan mampu menyerap tenaga kerja Indonesia sekitar 4.133 orang.

Berdasarkan data investasi BP Batam, pada Januari ada empat perusahaan asing dengan nilai investasi 4 juta dolar AS, Februari delapan perusahaan dengan nilai 10,4 juta dolar AS, Maret enam PMA sebesar 9,85 juta dolar AS, April empat PMA dengan nilai 2 juta dolar AS, Mei empat PMA senilai 4 juta dolar AS.

Selanjutnya Juni empat perusahaan senilai 1,5 juta dolar AS, Juli 12 perusahaan dengan nilai 11,8 juta dolar AS, Agustus lima perusahaan dengan nilai investasi 26,6 juta dolar AS dan September dua perusahaan dengan nilai investasi 2,2 juta dolar AS.

"Yang mendominasi masih perusahaan galangan kapal, manufaktur elektronik, dan penunjang migas," kata Ilham.

Sementara itu, kata dia, pada September ada 12 perusahaan asing yang berminat mennanamkan modal sebesar 28,2 juta dolar AS. Bidang yang diminati adalah industri perakitan komputer dan elektronik, industri semi-konduktor, jasa penunjang migas, perbaikan kapal dan pembuatan kapal.

"Negara yang berminat menanamkan investasi berasal dari Malaysia, Jepang, Singapura dan Australia," kata dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar