Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 05 Maret 2013

BP BATAM RP1,4 MILIAR DARI IZIN REKLAME



Senin, 4 Maret 2013  (sumber : ANTARA)

Badan Pengusahaan (BP) Batam menargetkan pemasukan dari izin lahan untuk reklame/baliho pada 2013 sebesar Rp 1,4 miliar, sedangkan realisasi pendapatanizin reklame pada 2012 sebesar Rp897 juta.

"Target tahun ini naik menjadi Rp1,4 miliar karena ada peraturan baru untuk reklame yang dipasang di ROW 200 minimal 5x10 meter," kata Kasubdit Pemukiman BP Batam, Ponco I Subekti di Batam, Senin.

Meski izin lahan untuk pembangunan baliho dari BP Batam, kata dia, namun pajak yang dibayarkan diterima oleh Dinas Pendapatan daerah (Dispenda) Pemerintah Kota Batam.

"Kami hanya memberikan izin lahan saja. Pajaknya bukan kami yang menerima, tapi pemerintah kota. Jadi pendapatan dari sektor ini yang masuk BP Batam hanya sedikit," kata dia.

Ponco mengatakan, saat ini ada sekitar 1.800 titik reklame berbagai ukuran di Batam. Namun masih banyak yang belum mengantongi izin dan tidak dikelola secara benar.

Ia mengatakan, penertiban bersama tim dari Dispenda Kota Batam dan kepolisian terus dilakukan terhadap reklame yang tidak sesuai ketentuan dan menganggu keamanan pengguna jalan.

"Selain tim terpadu, BP Batam memiliki program penertiban reklame secara rutin dan secara berkala untuk mencegah kerugian yang lebih besar dari banyaknya reklame tak berizin," kata Ponco.

Untuk papan petunjuk nama, baik itu papan petunjuk nama sekolah, organisasi, perusahaan, ATM dan lainnya, jika pada lokasi tersebut terdapat hal seperti itu, maka BP Batam memberikan izin Panggung Reklame yang bisa memuat berbagai informasi papan petunjuk nama.

"Penempatan papan petunjuk nama juga wajib mendapat izin tertulis BP Batam. Perlu diinformasikan bahwa tidak setiap permohonan izin bisa disetujui, karena banyak faktor yang menyebabkan izin penempatan reklame bisa diterbitkan," kata dia.

BP Batam juga mengatakan, banyaknya reklame tak berizin mengakibatkan kondisi jalan di Batam semprawut dan merusak keindahan kota.Budi Suyanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar