Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 22 Agustus 2013

Musim Haji, Pendapatan Bandara Hang Nadim Batam Turun Rp500 Juta

Kamis, 22 August 2013  ( sumber : Haluan Kepri )

NONGSA (HK) - Pendapatan Bandara Internasional Hang Nadim Batam turun Rp500 juta pada musim haji tahun ini. Penurunan tersebut imbas dari pengurangan kuota haji yang diberlakukan Pemerintah Arab Saudi.

Hal itu dikemukakan Kabag Keuangan dan Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso  yang ditemui, kemarin.

Ia menyebutkan, tahun ini terjadi pengurangan Kelompok Terbang (Kloter) haji untuk Embarkasi Batam. Jika pada tahun 2012 lalu terdapat 23 kloter, pada tahun ini hanya 18 kloter saja.

" Dengan berkurangnya kloter Embarkasi Batam tentunya berpengaruh pada pendapatan di Hang Nadim. Pada tahun lalu pendapatan bandara dari Haji sebesar Rp3,2 miliar, sementara tahun ini hanya Rp2,7 miliar," ujar Suwarso.

Suwarso menambahkan, dalam melayani calon jemaah haji Embarkasi Batam pihak Bandara Hang Nadim telah mempersiapkan segala keperluannya. Contohnya, untuk alat-alat keselamatan penerbangan telah dilakukan kalibarasi seperti runway lighting, instrument landing system (ILS) dan yang lainnya, semua dalam keadaan baik. Termasuk fasilitas penunjang seperti garbarata, ruang tunggu, x-ray, toilet dan yang lainnya sudah tidak ada masalah.

Menurut dia, saat ini pihak pengelola bandara juga tengah melakukan evaluasi untuk ruang tunggu keberangkatan. Apakah akan dipindahkan atau tidak. Ini untuk menghindari kepadatan di Badara Hang Nadim pada musim haji ini.

" Saat ini kita mencoba melihat kemungkinan untuk memindahkan ruang tunggu. Ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Tahun lalu di gate penerbangan Internasional. Tahun ini akan dievaluasi untuk dipindahkan ke gate 1 atau 2," terangnya.

Suwarso juga mengatakan, untuk sistem keberangkatan dan masuknya calon jemaah haji ke ruang tunggu hingga ke dalam pesawat tidak ada perubahan dari tahun lalu.
" Sistem masuk keluar jemaah masih sama seperti tahun lalu,"ungkapnya.

Dikatakan dia, nantinya yang akan mengantarkan calon jemaah haji adalah maskapai dari Saudi Arabia dengan tipe pesawat 747-200 berkapasitas 450 seat.

" Hanya mengoperasikan satu pesawat saja, tapi ada pesawatnya yang standby,"terangnya.

Untuk Kloter 1 Embarkasi Batam, kata dia, akan berangkat pada tanggal 10 September. Dan untuk jam keberangkatanya dari kloter pertama hingga kloter terakhir waktunya sama yaitu pada pukul 09.00-11.00 WIB.(jua)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar