Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 14 Agustus 2013

Jalan Tol Khusus Angkutan Barang

JALAN TOL: Jalan tol terus dibangun di kota-kota besar. Di Batam, jalan tol mulai dikerjakan DED-nya tahun ini. Fungsinya khusus mobil angkutan barang. f-net
JALAN TOL: Jalan tol terus dibangun di kota-kota besar. Di Batam, jalan tol mulai dikerjakan DED-nya tahun ini. Fungsinya khusus mobil angkutan barang.
f-net

DED Mulai Dikerjakan Tahun Ini
 
Batam – Rencana pembangunan tol sepanjang 25 kilometer di Batam tinggal menunggu Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum.

Proses administrasi sudah selesai dan akan dilanjutkan dengan rancangan Detailed Engineering Design (DED) dan sudah dianggarkan. Hanya saja, untuk melanjutkan rencana pembangunan, masih menunggu SK Menteri PU.

Menurut Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Humas Badan Pengusahaan (BP) Batam, Dwi Djoko Wiwoho, direncanakan tahun ini akan mulai dikerjakan DED-nya.

“Tahun ini direncanakan sudah selesai DED. Sekarang kami masih menunggu SK Menteri, tentang jalan tol koridor Sumatera,” kata Djoko.

Sementara kontraktor yang akan melakukan pembangunannya adalah PT Hutama Karya. Menurut Djoko, perusahaan ini sudah siap mulai melakukan proses pengerjaan proyek. Terkait dengan proyek ini, Djoko menegaskan ada di bawah BP Batam dan bukan Pemko Batam.

“Batam ini beda dengan daerah lain. Jadi pengerjaan dari Kementerian PU kerja sama dengan BP Batam,” ungkap Djoko.

Terkait dengan fungsi jalan tol ini disebutkan, diperuntukannya untuk lalu lintas barang. Dengan demikian, arus lalu lintas angkutan barang, tidak akan mengganggu kendaraan penumpang. “Nanti biar masyarakat yang menggunakan jalan umum,” ungkapnya.

Sebelumnyan Kepala BP Batam, Mustofa Widjaya mengatakan, jalan tol yang dibangun dari Batu Ampar, Mukakuning hingga ke Bandara Hang Nadim. Dana yang dibutuhkan untuk membangunnya sekitar Rp1,2 triliun. Tahap pertama pembangunan menggunakan anggaran sekitar Rp400-500 miliar.

“Itu akan menghubungkan keluar masuk barang, bahan baku maupun hasil produksi. Nanti jalurnya Mukakuning, bandara dan Batuampar,” kata Mustofa.(MARTUA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar