Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 22 Agustus 2013

Embakarkasi dan Debarkasi Batam 2013 Bandara Hang Nadim Siap Fasilitasi Jamaah Haji


Kamis, 22 Agustus 2013  ( sumber : Tribun Batam )

Bandara Hang Nadim Siap Fasilitasi Jamaah Haji
Tribunnewsbatam.com/Candra P. Pusponegoro
 
Pesawat Saudi Arabian Airline (SAA) Boeing 747-200 sedang parkir di Bandara Internasional King Abdul Azis, Jeddah, Arab Saudi, Kamis (19/7/2012) lalu. Pada musim haji tahun 2013, maskapai ini akan mengangkut jamaah haji dari Bandara Hang Nadim, Batam, Kepri, menuju Arab Saudi. Untuk kloter pertama direncanakan bertolak ke Tanah Suci pada Selasa 10 September 2013 mendatang. 
 
Laporan Tribunnews Batam, Aprizal 
 
BATAM, TRIBUN - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengurangi jumlah kuota haji tahun ini karena Masjidil Haram di Mekkah sedang direnovasi. Pengurangan jumlah kuota haji sebanyak 20 hingga 50 berpengaruh kepada jumlah kelompok terbang (kloter) di Embarkasi Batam.
Dengan demikian, secara tidak langsung akan memengaruhi jumlah pendapatan di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam. Bila tahun lalu, Embarkasi Batam memiliki 23 kloter penerbangan melalui Hang Nadim, untuk keberangkatan haji tahun ini hanya 18 kloter.
 
Berkurangnya jumlah kloter penerbangan haji Embarkasi Batam melalui Bandara Hang Nadim, jelas saja memengaruhi jumlah pendapatan Hang Nadim pada musim haji.
 
"Untuk musim haji tahun lalu, bandara memeroleh pendapatan sebesar Rp 3,2 miliar, diperkirakan untuk tahun ini berkurang menjadi Rp 2,7 miliar," ujar Kabag Keuangan dan Umum Bandara Hang Nadim, Suwarso, kepada Tribun Batam, Rabu (21/8/2013).
 
Kendati demikian, Bandara Hang Nadim akan tetap melayani jamaah calon haji (JCH) semaksimal mungkin. Persiapan di Hang Nadim sendiri sudah dilakukan. Seperti memersiapkan ruang tunggu khusus jamaah haji, toilet, dan garbarata.
 
Pihak Hang Nadim juga sudah melakukan kalibrasi alat-alat keselamatan penerbangan seperti x-ray, garbarata, dan fasilitas penunjang landasan, misalnya runway lighting, dan Instrumen Landing System (ILS).
 
Selain itu, jelas Suwarso, minggu depan pihak pengelola Bandara Hang Nadim akan melakukan evaluasi terhadap ruang tunggu yang akan digunakan jamaah calon haji itu.
 
"Kalau tahun lalu, jamaah haji kita tempatkan di ruang tunggu internasional, maka tahun ini kita mau melakukan evaluasi dulu untuk ditempatkan di Gate 1 dan 2. Ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakkan penumpang di Bandara Hang Nadim," jelas Suwarso.
 
Untuk sistem keluar masuk jamaah haji di Hang Nadim nanti, lanjut Suwarso, masih sama dengan tahun lalu. Yakni jamaah berangkat dari Asrama Haji Batam Center langsung menuju ke ruang tunggu lalu masuk ke pesawat.
 
Demikian juga pada saat kedatangan dari Mekkah. Jamaah haji akan langsung menuju ruang tunggu setelah turun dari pesawat. Dilanjutkan menuju ke Asrama Haji menggunakan bus-bus yang menjemput hingga ke parking area.
 
Untuk jadwal penerbangan jamaah haji pada tahun ini, katanya, berubah dibandingkan dengan tahun lalu. Bila tahun lalu penerbangan keberangkatan jamaah haji dilaksanakan pada malam hari, untuk tahun ini akan dilaksanakan pada pagi hari antara pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WIB.
 
"Untuk kloter pertama tahun ini dijadwalkan akan berangkat pada pukul 10.00 WIB," ujar Suwarso.
 
Untuk kloter pertama dijadwalkan akan mengangkut jamaah haji dari Kepri yang direncanakan berangkat pada Selasa 10 September 2013 mendatang. Jamaah haji akan diangkut menggunakan pesawat Boeing 747-200 maskapai penerbangan Saudi Arabia Airlines berkapasitas 450 seat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar