Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 16 April 2012

Batam Mesti Punya Kilang Minyak

BATAM – Prospek kilang minyak atau oil refinary di Batam sangat baik karena lokasinya strategis. Batam dapat menjadi sentral untuk mendistribusikan hasil gas dan minyak bumi ke pasar Asia Tenggara. Prospek ini, pernah dilirik salah satu investor dari negara di Timur Tengah sekitar tahun 1970.
Hal itu dikatakan mantan Ketua Otorita Batam (OB) periode 1976-1978 JB Sumarlin disela-sela saat peluncuran buku, berjudul “Mengungkap Fakta Pembangunan Batam”, di Poltek Batam, Kamis (12/4). Dimana buku tersebut mengungkapkan kisah JB Sumarlin dan Ibnu Sutowo.
Refinary atau kilang untuk BBM sebenarnya sudah akan dibuat. Ini menjadi bagian yang disampaikan JB Sumarlin saat buku tentang kepemimpinanya di OB diluncurkan badan yang sudah berubah nama menjadi BP Batam ini.
“Mau dibuat antara Iran atau Irak, saya lupa. Menterinya datang menemui saya pada tahun 1970-an. Tapi, kendalanya peraturan kita tentang memberikan fasilitas refinary kurang menarik. Jadi, Batam mesti memilikinya,” ungkapnya. Menurut dia, jika pemerintah memiliki oil refinary di kawasan Batam, hasil gas dan minyak bisa diproses. Sehingga tidak perlu mengimpor minyak. Langkah ini diakui sudah dilakukan Singapura. “Regulasi untuk Batam masih perlu diperbaiki. Singapura tidak punya minyak tapi impor yang mereka proses dan dijual,” imbuh Sumarlin. (mbb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar