Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 28 April 2014

RSOB dan BP Batam Selenggarakan Operasi Bibir Sumbing Gratis

Sabtu, 26 April 2014 ( sumber : Tribun Batam )

RSOB dan BP Batam Selenggarakan Operasi Bibir Sumbing Gratis
Tribun Batam/Alvin Lamaberaf
Kegiatan bakti sosial (baksos) RSUP Provinsi Kepri, Minggu (20/4/2014).

Laporan Wartawan Tribun Batam, Anne Maria Silitonga
BATAM, TRIBUN - Kabar bahagia bagi para penderita bibir sumbing di Kota Batam, Rumah Sakit Otorita Batam (RSOB) Badan Pengusahaan (BP) Batam bekerja sama dengan Unit Bedah Plastik Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Direncanakan akan diadakan operasi bibir dan langit-langit sumbing gratis. Bakti sosial tersebut rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 16-17 Mei 2014.


Kepala Seksi Humas BP Batam, Yudi Purdaya mengatakan panitia pelaksana bakti sosial membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin keluarganya untuk mengikuti operasi gratis itu bisa datang langsung ke puskemas-puskesmas terdekat atau langsung ke RSOB-BP Batam di Sekupang.
Menurut Yudi, ada beberapa kriteria atau ketentuan umum bagi masyarakat yang ingin mengikuti operasi tersebut. Pertama, calon pasien bibir sumbing berusia dari 3 bulan hingga ke atas dengan berat minimal 5 kilogram, kedua untuk pasien langit-langit sumbing berusia satu tahun.
Kemudian dapat menunjukkan surat rujukan dari Puskesmas, calon pasien dengan status gizi cukup, dan calon pasien akan dioperasi dengan bius yang disesuaikan umurnya.
"Untuk pasien usia kurang dari 12 tahun akan dioperasi dengan bius umum, sementara pasien bibir sumbing usia lebih dari 12 tahun akan dioperasi dengan bius lokal. Sedangkan pasien langit-langit sumbing semua akan dioperasi dengan bius umum," tuturnya.
Ia menjelaskan, untuk yang membutuhkan operasi gratis tersebut tinggal datang ke RSOB-BP Batam dengan membawa surat pengantar dari Puskesmas dan mendaftar ke Costumer Care di Gedung A, lantai 1.
Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan lanjutan terhadap kondisi pasien yang didaftarkan untuk menentukan boleh tidaknya diikutsertakan sesuai ketentuan medis.
"Kami targetkan pasien yang ikut operasi bibir dan langit-langit sumbing ini sekitar 30 pasien. Kalaupun jumlah calon pasiennya belum mencapai itu, maka pelaksanaannya kami undur menjadi tanggal 30-31 Mei 2014 atau tanggal 6-7 Juni 2014," ucap Yudi.
Untuk informasi lebih lanjut tentang pelaksanaan bakti sosial ini, kata Yudi, masyarakat dapat menghubungi Contact Person Sudirman (083184104393), Wawan Setiawan (081364137941) dan dr Christiana Poedji Lestari, MARS, (0811773363) atau ke Customer Care RSOB-BP Batam telepon 0778-322121, 325121 extension 443.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar