Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 11 April 2014

Mobil Murah Segera Masuk Batam

April 11, 2014 ( sumber : Tanjung Pinang Pos )

Ilham Eka Hartawan
Ilham Eka Hartawan
Juli, Datsun Mulai Dipasarkan
Batam – Mobil murah yang sering disebut-sebut mobil nasional saat ini, akan menjajal jalanan Indonesia. Jika mobil ini masuk Batam, harganya akan lebih murah dibanding di Jakarta dan daerah lainnya. Sebab, jika masuk Batam, tidak dikenakan Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPN-BM).Demikian dikatakan Kasubdit Humas dan Publikasi Badan Pengusahaan (BP) Batam, Ilham Eka Hartawan, Kamis (10/4) di Batam.
“Datsun yang ada di Indonesia nanti kan termasuk mobil nasional (diproduksi di Indonesia). Kalau itu masuk Batam, akan lebih murah,” kata Ilham.


Pernyataan itu disampaikan Ilham saat menjawab pertanyaan wartawan terkait rencana Datsun akan mulai dipasarkan Juli 2014 ini. Jika warga membeli dan menggunakan itu di Batam, akan lebih murah. Karena tidak dikenakan PPN-BM.
“Faktur pajak yang dibayarkan di Jakarta bisa dikembalikan berikut uang yang sudah dibayarkan. Jadi harga mobil dikurangi PPN-BM,” kata Ilham. Hanya saja, jika akan dibawa kembali dari luar Batam, maka pemilik harus bayar PPN-BM.
“Pajaknya dibayar lagi kalau dibawa keluar Batam. Jadi, kondisinya sama dengan mobil built up Singapura yang masuk Batam,” imbuhnya.
Selama ini, selain mobil dari Jakarta, mobil-mobil complete built up (CBU) dari Singapura, banyak beredar di Batam. Dalam waktu dekat ini, Datsun yang sempat berhenti dipasarkan di Indonesia, akan membuka kembali pemasaran di Indonesia bulan Juli nanti, termasuk di Batam.
Walau sama-sama wilayah Indonesia, namun harga jual mobil Batam dan daerah lain di Indonesia berbeda, khususnya yang CBU. Perbedaan karena dipengaruhi PPN-BM.
“Secara khusus, kita dibebaskan dari PPN-BM. Tapi mobil itu hanya bisa beredar di Batam. Kalau dibawa keluar, harus bayar. Sehingga secara langsung mempengaruhi harganya,” imbuhnya.(MARTUA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar