Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 14 April 2014

BP Batam Gelar Pelatihan Tata Naskah Dinas Rahasia

 
Senin, 14-04-2014 ( sumber : Batam Today )


 
 
 
Pelatihan keamanan informasi dan tata naskah dinas rahasia di lingkungan BP Batam yang berkangsung di Gedung Pusat IT BP Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Guna menjaga keamanan rahasia informasi internal, Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar in house training Keamanan Informasi dan Tata Naskah Dinas Rahasia Keamanan Informasi di lingkungan BP Batam bekerjasama dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).

Pelatihan keamanan informasidi lingkungan BP Batam ini akan berlasung selama dua hari, Senin (14/4) - Selasa (15/4), yang digelar di Gedung Pusat Informasi dan Teknologi (IT) BP Batam, Batam Center.

Kepala Biro Sekretariat dan Protokol BP Batam, Endah Setiyaningroem, mengatakan, penjagaan keamanan tata naskah dinas rahasia ini sangat penting, mengingat Pulau Batam berbatasan langsung dengan negara lain, sehingga untuk menghindari penyadapan atau sejenisnya, perlu adanya pengamanan khusus mengenai tata naskah dinas rahasia.

"Diharapkan pegawai BP Batam dapat lebih memahami pentingnya menjaga keamanan tata naskah rahasia agar tidak merugikan BP Batam. Selain itu, dengan adanya pelatihan ini, seluruh pegawai BP Batam dapat mengaplikasikan tata naskah dinas rahasia di unit kerjanya masing-masing," terang Endah Setiyaningroem.

Pada hari pertama, Senin (14/4/2014), materi yang disampaikan mengenai Persandian dan Membangun Kesadaran Kemanan Informasi yang terdiri dari beberapa sub materi, yakni: Mengapa Informasi? Hakekat Ancaman Dalam Perkembangan TIK, dan Langkah-langkah Pengamanan Informasi; Pengelolaan Informasi/Dokumen Berklasifikasi; Studi Kasus Kebocoran-kobocoran Informasi, dan Peran Cryptography (Persandian) dalam Mengamankan Informasi dan Teknologi Informasi serta Komunikasi, yang disampaikan Kasubdit Pembinaan SDM Lembaga Sandi Negara, Nunil Pantjawati B Sc.

Untuk materi di hari kedua, Selasa (15/4/2014), dengan tema Kemananan Informasi dalam Mengantisipasi Economic/Corporate Espionage dengan beberapa sub materi, yaitu Economic Intelligent Trade Secret, How Foreign Competitor Get the Information Methods Acquiring Secret Information, the Difference between Industrial Espionage and Economic Espionage, dan Competitive Intelligence is not Corporate Espionage dengan pemateri Lektor Sekolah Tinggi Lembaga Sandi Negara, Pinuji Prasetyaningtyas, M.Si.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar