Batam (Antara Kepri) - Rumah Sakit Otorita Batam milik Badan Pengusahaan Batam (RSOB-BP Batam) bersama dengan Unit Bedah Plastik Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung akan menggelar bakti sosial operasi bibir dan langit-langit sumbing gratis bagi masyarakat 16-17 Mei 2014.

"Panitia pelaksana bakti sosial membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan bakti sosial ini. Silahkan daftar pada puskemas terdekat atau langsung ke RSOB-BP Batam di Sekupang," kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Sabtu.

Ia mengatakan, kriteria bagi calon pasien adalah berusia tiga bulan ke atas dengan berat minimal lima kilogram (pasien bibir sumbing), pasien operasi langit-langit sumbing berusia mininal satu tahun.

Calon pasien saat akan dioperasi membawa surat rujukan dari puskesmas, pasien dengan status gizi cukup, pasien usia kurang dari 12 tahun akan dioperasi dengan bius umum.

"Pasien bibir sumbing usia lebih dari 12 tahun akan dioperasi dengan bius lokal. Sementara pasien langit-langit sumbing semua akan dioperasi dengan bius umum," ujarnya.

Alur yang harus diikuti oleh pasien, kata dia, pasien datang ke RSOB-BP Batam dengan membawa surat pengantar dari puskesmas dan mendaftar ke Costumer Care, Gedung A, lantai 1.

"Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan lanjutan terhadap kondisi pasien yang didaftarkan untuk menentukan boleh tidaknya diikutsertakan sesuai ketentuan medis," ucapnya.

Djoko mengatakan, target pasien yang diharapkan dari bakti sosial operasi bibir dan langit-langit sumbing sebanyak 30 pasien dan apabila jumlah pasien belum mencapai target tersebut, maka pelaksanaannya diundur.

"Jika belum memenuhi target, kegiatan sosial ini dilakukan pada 30-31 Mei 2014 atau 6 - 7 Juni 2014," katanya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pelaksanaan bakti sosial tersebut, kata Djoko, masyarakat bisa menghubungi Customer Care RSOB-BP Batam (0778) 322121, 325121 extension 443. (Antara)