Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 16 September 2013

Perkuat Industri Galangan, BP Batam Gandeng BPPT

Sabtu, 14 September 2013  ( sumber : Haluan Kepri
 
BATAM CENTRE (HK) - Untuk memperkuat industri galangan kapal, Badan pengusahaan (BP) Batam menggandeng  Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT). Kerjasama ini ditandai dengan penandatangan Memorial of Understanding (MoU) antara Kepala BP Batam, Mustofa Widjaja dengan  Kepala BPPT, Marzan Aziz Iskandar di Politeknik Negeri Batam, Jumat (13/9).

Point penting yang dituangkan dalam MoU itu, adalah pengkajian kebijakan makro dan mikro bidang industri perkapalan di Batam, termasuk desain dan bangunan baru, manufaktur offshore facilities serta reparasi kapal.

" Salah satu point terpentingnya, adalah pengkajian industri galangan," ungkap Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho dalam rilisnya.

Tidak hanya kajian khusus di galangan kapal, juga akan dilaksanakan pelatihan galangan tradisional, pembinaan dan pelatihan galangan terkait implementasi aturan internasional IMO (International Maritime Organization) dan lingkungan MARPOL (Marine Pollution).

Namun secara garis besarnya, MoU tersebut menyangkut pengkajian kebijakan teknologi, yang meliputi pengkajian kebijakan teknologi, inovasi, difusi, unggulan daerah dan kapasitas masyarakat, serta pengembangan wilayah, serta pengkajian dan penerapan teknologi agroindustri dan bioteknologi.

MoU yang dilakukan setelah soft launching Batam Techno Park itu bertujuan untuk menyinergikan secara efektif dan efisien kemampuan serta potensi sesuai dengan tugas dan fungsi kedua badan pemerintah tersebut, khususnya di bidang teknologi untuk mendukung pembangunan Pulau Batam,

Sebagai tindak lanjut dari MoU ini, lanjut Djoko, kedepan akan dibentuk kerjasama teknis dalam bentuk pertukaran data dan informasi, penugasan tenaga ahli sesuai dengan ketentuan, pelatihan, pendidikan, seminar dan pelayanan jasa.

"Intinya, ada sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangkaian MoU ini," tegasnya.

Di tempat sama, Kepala BPPT, Marzan Aziz Iskandar mengatakan, kerjasama ini merupakan upaya memperkuat industri galangan yang ada di Batam, dengan melibatkan seluruh pengusaha galangan.

"Semua akan kita libatkan, baik pengusaha besar terlebih lagi pengusaha kecil," ungkapnya. (ays).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar