Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 24 September 2013

DPD RI: BP Batam Harus Punya Lahan Pengganti untuk Hutan Lindung Batam

Selasa, 24 September 2013( sumber : Batam Pos )

Ketua Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Kepri, Zulbahri menegaskan, DPD RI yang tergabung asal dapil Kepri sudah bertemu dengan Menhut dan Menteri Keuangan.


Para senator Kepri ini sempat meminta Menhut agar mau mencabut SK Menhut dan memutihkan lahan yang sudah dipenuhi pemukiman penduduk dan kawasan industri di Batam.

“Kami sudah pernah bertemu dengan Menhut tapi sampai sekarang memang belum ada keputusan.  Kami tetap akan mendorong agar Menhut mau memutihkan kawasan padat penduduk yang dikatakan hutan lindung,” ujar Zulbahri kepada Batam Pos di Graha Kepri, Senin (23/9) sore.

Zulbahri mengatakan masalah SK Menhut ini masih ada celah untuk dicabut. Solusinya menurut Zulbahri, BP Batam harus mencari  pengganti untuk hutan lindung tersebut.

“Kalau lahan pengganti tak ada, maka proses pencabutan SK Menhut atau pemutihan lahan itu akan lama penyelesaiannya.Ini sebenarnya juga salah BP Batam. BP saat ini jangan mengalokasikan lahan di Batam untuk pembangunan apapun juga. Sebab, kepastian hukumnya untuk lahannya belum ada. Kalau masih tetap mengeluarkan izin pengalokasian, itu salah besar. Sama juga BP Batam menjerumuskan masyarakat atau investor,” tegas Zulbahri.

SK Menhut Nomor 463 yang mengatur batas wilayah hutan lindung di Batam  menurut Zulbahri tak sesuai dengan semangat kota Batam sebagai daerah FTZ. “Saya takut jangan-jangan masih ada daerah atau lahan yang dialokasikan oleh BP ke pihak lain. Padahal mereka tahu kalau lahan itu adalah hutan lindung,” ujar Zulbahri mengakhiri. (gas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar