Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 08 April 2013

Bandara Hang Nadim Tambah Landasan Pacu

Senin, 08 April 2013  (sumber : Haluan Kepri)
 
NONGSA (HK) - Badan Pengusaha (BP) Batam akan akan menambah satu lagi landasan pacu pesawat untuk mengatisipasi padatnya jadwal penerbangan di Bandara Hang Nadim, Batam. Dengan adanya penambahan tersebut maka landasan pacu di bandara bertaraf internasional itu menjadi dua landasan pacu.


" Kita akan membangun satu lagi landasan pacu di bandara Hang Nadim," kata Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan yang ditemui akhir pekan lalu.

Menurut dia, penambahan landasan pacu bukan tanpa sebab. Hal itu setelah melihat intensitas penerbangan di bandara tersebut yang semakin meningkat setiap tahunya. Apalagi setelah pembangunan Hanggar Lion selesai dikerjakan, tentunya lalu lintas penerbangan akan semakin padat.

" Nanti kalau sudah beroperasi  hanggar milik Lion Group akan semakin padat lagi arus lalulintas ke Hang Nadim ,"ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, tidak hanya maskapai milik Lion Group saja yang membuat padat arus lalulintas, PT Ilthabi juga akan membangun sebuah indutri penerbangan di Bandara Batam di atas lahan seluas 100 hektar. Sehingga, tambah Ilham, apabila nanti semua telah beropersi, satu landasan tidak akan cukup.

" Kalau sudah semua  beroperasi dan selesai dibangun tidak mungkin landasan yang ada sekarang bisa menampung seluruh pesawat, baik yang mau terbang atau pun mendarat. Sehingga perlu landasan baru yang dibangun berjajar dengan landasan yang sudah ada," ungkapnya.

Untuk jam-jam terpadat di Bandara Hang Nadim Batam, kata Ilham, terjadi antara pukul 10.30 WIB hingga pukul 16.00 - 17.00 WIB sore. Pada jam tersebut pesawat yang akan terbang dan mendarat harus mengantre.

Selain itu,  sekarang ini di Hang Nadim telah ada sekolah penerbangan. Yang rutin melakukan latihan setiap paginya.

Kepala Bagian Umum dan Keuangan Bandara Hang Nadim Batam Suwarso menambahkan, saat ini total jumlah penerbangan baik yang datang dan yang terbang di Bandara Hang Nadim Batam sehari  bisa mencapai 100 kali.

" Yang ramai itu pada pagi dan sore hari. Itu kelihatan antrian pesawat bisa sampai tiga yang mau terbang,"ungkapnya. (jua)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar