Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 18 April 2013

Latih Pegawai Jaga Rahasia, BP Batam Gandeng Lembaga Sandi Negara

Kamis, 18 April 2013  (sumber : Posmetro Batam)

LOGO 3D SANAPATI

NAGOYA, METRO: Faktor keamanan informasi merupakan aspek penting sebagai bentuk ketaatan kepada Pancasila dan UUD 1945. Demikian diutarakan Sekretaris Utama Lembaga Sandi Negara RI, Marsekal Pertama TNI Tuhutrimurnianto saat in house training Keamanan Informasi dan Tata Naskah Dinas Rahasia yang diikuti 31 peserta  dari unit kerja BP Batam di Hotel The Hills, 16-18 April.

“Dalam pelatihan tahun ini, akan ada simulasi yang terbagi dalam tiga kelompok. Dengan adanya simulasi, akan lebih mudah untuk mempelajarinya jika dibandingkan dengan pemberian teori saja,” kata Kepala Bagian Sekretariat BP Batam, R Ferdiana S Sumiartony seraya berjanji menggelar acara serupa secara rutin tiap tahun dengan peserta berbeda.

Ia berharap melalui pelatihan ini karyawan dan karyawati BP Batam memperoleh pencerahan serta dapat membedakan informasi dan data mana yang seharusnya tidak boleh diketahui oleh publik dan informasi mana yang boleh diketahui oleh publik. “Karena banyaknya bentuk dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, perlu adanya filter informasi dan tidak mengabaikan keamanan maupun privasi yang dimiliki oleh suatu badan atau instansi,” paparnya.

Narasumber dari Lembaga Sandi Negara, Lukman Nul Hakim yang menyampaikan materi tentang Persandian dan Kesadaran Keamanan Informasi mengemukakan, bentuk informasi itu dari berbagai macam diantaranya fikiran dan perkataan, hardcopy, softcopy, pengetahuan seseorang, keterampilan teknis, pengetahuan perusahaan, pertemuan formal dan informal, percakapan di telepon serta video telekonferensi.

Pemateri lainnya, Ronald Tumpal membicarakan soal Pengelolaan Tata Naskah Dinas dalam Prinsip Keamanan Klasifikasi Informasi, sedangkan tentang Pengantar Keamanan Jaringan dibeber Arisriyanto, MT . Hadir juga anggota 4/Deputi Bidang Administrasi dan Program BP Batam, Ir. Moch Prijanto, ME, para pejabat eselon II BP Batam.(ams)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar