Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 24 April 2013

IKM BATAM PERLU LOT KHUSUS KAWASAN INDUSTRI


Selasa, 23 April 2013  (sumber : ANTARA)

Batam, 23/4 (Antara) - Badan Pengusahaan (BP) Batam menilai industri kecil dan menengah perlu tempat khusus di dalam Kawasan Industri (lot) untuk mendongkrak pertumbuhan dan perkembangan yang lebih cepat sehingga mampu menopang pertumbuhan perekonomian.

"Saat ini industri kecil dan menengah di Batam masih tersebar, belum ada tempat khusus. Seharusnya untuk mempercepat perkembangan mereka perlu dibuatkan lot khusus dengan subsidi pemerintah," kata Anggota II Deputi Bidang Pelayanan Jasa Badan Pengusahaan Batam Fitrah Kamaruddin di Batam, Selasa.

Ia mengatakan, hal tersebut sudah diterapkan oleh beberapa daerah di Pulau Jawa seperti Jakarta dan sekitarnya, Surabaya yang terbukti sukses membuat produk industri kecil menengah lebih dipercaya oleh pasar.

"Di Batam sudah banyak industri kecil memengah yang menjadi cikal-bakal industri besar. Namun produk mereka masih kalah bersaing karena dianggap tidak sebagus produk yang dihasilkan dari usaha serupa yang dilakukan terpusat di kawasan industri," kata dia.

Dengan sistem pemusatan dikawasan industri, kata dia, pemerintah juga akan lebih mudah memberikan pendampingan dan pelatihan karena letaknya terpusat.

"Upaya ini sangat membutuhkan peran pemerintah. kalau tidak ada peran pemerintah seperti pemberian subsidi, maka akan sulit kalau harus menyewa tempat di kawasan industri yang sewanya mahal," kata Fitrah.

Berdasarkan catatan BP Batam, saat ini ada sekitar 139 IKM di Batam yang berpotensi menjadi industri besar jika mendapatkan tempat dan bimbingan secara benar.

"BP Batam telah memberikan pelatihan manajemen agar mereka bisa mengurus usaha tersebut secara benar. Sementara Pemerintah Kota Batam juga sudah memberikan bimbingan teknis lainnya," kata dia.

Kasi Industri Skala Kecil dan Menengah Direktorat Lalu Lintas Barang BP Batam, Asneri mengatakan program gugus kendali mutu yang dikenalkan BP Batam adalah bagian kerja dari inkubasi pengusaha kecil dan menengah di Batam.

"Rata-rata pelaku IKM yang mengikuti seminar memiliki usaha makanan, handicraft, batik dan kaos oblong di Batam," kata dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar