Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Jumat, 26 April 2013

Lion Air Pemodal Terbesar

Jumat, 26 April 2013 (Sumber : Tribun Batam)

JAKARTA, TRIBUN - Perkembangan investasi di Batam sebagai jkawasan perdagangan bebas (FTZ) masih tetap pesat. Ini bisa terlihat dari investasi yang masuk ke Batam pada kuartal I 2013 yang naik 22 persen dibandingkan periode yang sama sebelumnya.

Pada tiga bulan pertama 2013 lalu, minat investor untuk masuk ke Batam cukup besar. Buktinya, ada 20 pendaftaran penanaman modal (PMA) baru dengan nilai investasi sebesar 29,53 juta dollar Amerika. Sementara, nilai pengembangan PMA yang sudah ada di Batam pada kuartal 1 mencapai 84,92 juta dollar Amerika.

Menurut Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas Badan Pengusahaan Kawasan Batam, Dwi Djoko Wiwoho,pada Maret lalu, ada tujuh perusahaan baru yang berinvestasi di Batam dengan nilai 12,4 Juta dollar Amerika.

Sementara Januari, ada delapan perusahaan berstatus PMA yang investasinya sebesar 11,53 juta dollar Amerika. Sisanya masuk di bulan Februari.

Untuk Perluasan di bidang usaha yang harus dilakukan perusahaan berstatus PMA masing- masing pada bulan Januari sebesar US$ 400. 000, Februari senilai US$73,4 juta dan terakhir di Maret mencapai US$ 11, 12 juta.

Singapura masih menjadi negara terbesar yang menanamkan investasinya di Batam. Disusul oleh Malaysia, British Virgin Island, dan ketinggalan Amerika Serika.

Salah satu investasi besar itu adalah pengembangan di bandara internasional Hang Nadim. Lion Air misalnya, berencana membangun fasilitas perawatan untuk semua pesawatnya. Mereka bangun di sekitar Hang Nadim dengan luas 16 hektar, untuk pesawatjenis Airbus dan Boing, tambah Djoko.

Lion Airakan menggelontarkan 300 juta dollar Amerika. Tahap pertama sudah mulai dilakukan tahun lalu dengan investasi 100 juta dollar Amerika, karena lahan yang digunakan baru empat hektar.

Pengembangan ini sejalan dengan rencana menjadikan Bandara HangNadim sebagai bandara hub untuk penerbangan yang berasaldari daerah barat ke timur Indonesia. Selama ini fungsi bandara penghubung hanya dilaksanakan oleh bandara Internasional Soekarno Hatta .

Mereka juga sudah merasa kerepotan, jadi kami juga tertarik agar pesawatitu transit di sini dulu, jelasnya.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar