Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 28 Februari 2013

Wako dan Ketua BP Batam Bertemu

Kamis, 28 February 2013  (sumber : Haluan Kepri)

Bahas Banjir Akibat Cut dan Fill

BATAM CENTRE-  Walikota Batam Ahmad Dahlan menggelar pertemuan dengan Ketua BP Batam Mustofa Widjaja di gedung BP Batam, Rabu (27/2).  Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas soal banjir yang disebabkan oleh aktivitas cut and fill (pemotongan bukit) yang dilakukan sejumlah pengusaha.


"Terjadinya banjir di beberapa titik di Batam ini akibat adanya cut and fill, yang mana pengawasan yang dilakukan kurang dan adanya para pengusaha yang nakal," kata Ahmad Dahlan yang ditemui usai pertemuan dengan BP Batam, kemarin.

Karena itu, lanjut Dahlan, kedepan dalam mengatasi banjir ada lima poin yang mereka sepakati. Pertama, membentuk tim kecil khusus untuk mengatasi masalah drainase,  melibatkan Ditpam dan Satpol PP untuk melakukan inspeksi.

Poin ketiga, masalah perizinan yang diberikan kepada pengusaha pelaku cut and fill harus dibuat secara online dan terhubung dengan Dinas Tata Kota (Distako) dan Dinas PU.

Poin keempat, bagi pengusaha nakal akan diberikan peringatan atau sanksi yang tidak melakukan penanggulangan, apabila terjadi masalah banjir akibat cut and fill yang dilakukannya. Dan poin kesepakatan yang kelima, izin cut and fill tersebut akan dicabut untuk pengusaha yang tetap membandel.

"Apabila terjadi lagi banjir dan pengotoran jalan merupakan tanggung jawab pemilik lahan. Kalau hal itu tak segera dibenahi, maka izin lahannya akan dicabut," tegasnya.

Banjir, sebut Dahlan kemungkinan masih tetap akan terjadi seiring dengan perkembangan Batam dengan adanya pembangunan fisik. Namun dampak tersebut, seperti banjir akan diminimalisir memalui lima kesepakatan dirinya dengan Ketua BP Batam.

"Kita tidak bisa pungkiri, bahwa perkembangan kota Batam akan berdampak banjir. Karena adanya cut and fill buat pembangunan, berakibat banjir, "kata Dahlan. (byu/btd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar