Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Senin, 25 Februari 2013

Korea Lirik Pengolahan Air Limbah

Badan Pengusahaan (BP) Batam, menyatakan siap untuk mengolah air limbah (PAL) domestik di Batam. Saat ini, rencana Batam mengelola air limbah itu sedang disiapkan.

Bahkan, calon investor dari Korea Selatan, sudah melirik potensi investasi pengelolaan air limbah itu. Di mana, pengelolaan di Batam akan dibangun di sembilan titik.

Demikian disampaikan Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan, kepada wartawan, di ruang kerjanya beberapa hari lalu. Hanya saja, saat ini pihaknya masih menunggu status alih fungsi hutan dari kementerian Kehutanan, untuk lahan yang akan digunakan.

”Kita tunggu status hutan dialihfungsikan dulu,” katanya.

Alih fungsi hutan diakui dibutuhkan, karena sembilan lokasi yang dibangun, termasuk di hinterland.

Sembilan titik pengelolaan dimaksud, diantaranya di kawasan Bengkong, Batam Kota, Tembesi, Batuampar, Sekupang, Ujung Galang Baru, Galang dan Rempang.

”Selain itu, ada dua lokasi yang akan dibangun dikecamatan paling padat penduduk, Sagulung,” imbuhnya.

Menurut dia, langkah pengelolaan dilakukan, mengantisipasi peningkatan air limbah di Batam. PAL atau air limbah domestik itu akan bermanfaat. Di mana, teknologi ini akan mengelola limbah kotoran manusia atau tinja.

”Teknologi pengelolaan air limbahnya sekarang sedang disiapkan,” katanya.
Proyek PAL ini, kata Ilham, sudah dilirik oleh beberapa investor. Salah satunya, Korea Selatan.
”Di sana (kawasan Bengkong), nanti akan dibangun WWTP (waste water treatment plant. Kemarin itu Korea sudah melihat lokasinya,” katanya.(mbb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar