Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 20 Februari 2013

PROYEK SAMPAH BATAM: Alokasi Lahan Kurang, BP Cuma Kasih 24 Hektare

Rabu, 20 Februari 2013  (sumber : Bisnis Kepri)



BATAM—Pemkot Batam belum bisa menjalankan rencana proyek pengolahan sampah dengan alasan masih kurangnya alokasi lahan yang diberikan Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Kendala penyerahan aset berupa lahan untuk proyek Pengolahan Limbah Padat di Batam senilai US$100 juta masih belum tuntas.

Hal itu menyusul akan keluarnya surat izin pakai lahan dari Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) yang menyatakan akan memberikan penegasan lahan bisa digunakan untuk proyek.

Namun surat penegasan tersebut hanya memberikan izin bagi Pemkot untuk proyek tersebut seluas 24 hektare, padahal proyek tersebut membutuhkan lahan 47 hektare sesuai hasil kajian Bappenas dan PT SMI.

Sulaiman Nababan, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam, mengungkapkan, pihaknya masih menunggu kejelasan dari BP Batam terkait penggunaan lahan untuk proyek tersebut.

Padahal, penyusunan Amdal dan persiapan pra-kualifikasi tender diharapkan bisa lebih cepat dilakukan pada tahun ini.

“Proyek ini butuh kepastian, kami mau susun amdal. Rencana kami, ada persetujuan dari BP Batam kemudian ditindaklanjuti dengan Bappenas untuk mempersiapkan tender,” kata dia, Rabu (20/2/2013).

Persiapan pra-kualifikasi tender proyek ini sesuai jadwal proyek dimulai pada pertengahan tahun ini, tetapi menghadapi kendala akibat adanya masalah status Hak Pengelola Lahan di TPA Telaga Punggur. Hpl TPA tersebut ada di BP Batam.(k17/yop)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar