Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 13 Februari 2013

BP BATAM Kembangkan Instalasi Limbah Sawit & Logam

Compact_batam

BATAM - Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) telah menyusun rencana pengolahan limbah sawit dan logam industri dari kawasan ini menjadi bahan baru yang bernilai jual.

Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam mengatakan potensi limbah non B3 seperti limbah sawit atau sisa logam dari pengolahan industri di Batam dinilai sangat prospektif.

Langkah mendayagunakan limbah tersebut menjadi bermanfaat juga salah satu langkah pengelolaan sampah di kota ini. "Kami sedang mengembangkan turunan pengolahan limbah kelapa sawit, bisa menjadi pupuk. Selain itu juga recovery logam dari industri elektronik," paparnya, Selasa (12/2/2013).

Ilham mengungkapkan pihaknya tengah bekerja sama dengan salah satu perusahaan olekimia berbahan dasar minyak nabati PT Ecogreen Oleochemical.

Kerja sama itu untuk mengembangkan keahlian dan kecakapan teknologi untuk mendayagunakan limbah sawit.

Namun pendayagunaan limbah sawit tersebut agar bisa menjadi bentuk lain dengan nilai jual masih dalam tahap pengembangan.

Sejauh ini BP Batam menargetkan konversi sampah sawit akan menjadi pupuk. "Pasokan limbah sawitnya dari Ecogreen," kata dia.

Proyek ini, lanjutnya, sudah diserahkan ke Balitbang Kementerian Lingkungan Hidup untuk memperoleh pengakuan secara standar melalui SNI.

Rencananya, lokasi proyek tersebut akan berlokasi di sebagian lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Telaga Punggur dengan luas sekitar 23 hektar. "Nantinya kami juga berniat mengubah sampah rumah tangga supaya memiliki nilai jual atau bermanfaat," kata dia.(fsi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar