Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 27 Februari 2013

EKSPANSI DRYDOCK: Perizinan Investasi Belum Masuk ke BP Batam


 
Oleh chandra gunawan on Feb 26th, 2013 (Sumber : Bisnis Kepri)
BATAM–Badan Pengusahaan Kawasaan Bebas Batam (BP Batam) masih menunggu implementasi pengurusan aplikasi rencana perluasan investasi perusahaan galangan kapal asal Dubai, Drydocks World and Maritime World (DWMW).
Drydocks sudah menyatakan rencana perluasan investasi di Batam dengan menandatangani kesepakatan join venture senilai US$2,5 miliar dengan perusahaan engineering asal Indonesia PT Bina Bangun Bahari.
Ilham Eka Hartawan, Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, mengatakan pihaknya masih mempelajari rencana perluasan investasi tersebut yang nilainya sendiri sudah melewati target nilai investasi BP Batam pada tahun ini.

“Kami masih menunggu implementasi dari MoU tersebut, tetapi yang jelas rencana tersebut membuat kami semakin semangat mengajak investor ke sini,” ujar Ilham, Selasa (26/2/2013).
Meski begitu, menurutnya terdapat beberapa permasalahan yang harus diselesaikan untuk mendorong rencana perluasan investasi tersebut.
Salah satu permasalahan yang harus diperhatikan pemerintah kota adalah terkait dengan ketersediaan tenaga kerja untuk mengantisipasi kebutuhan tenaga kerja yang dibutuhkan dalam kontrak join venture yang setara dengan Rp24 triliun tersebut.
Selain itu perlu diperhatikan infrastruktur sebagai penunjang investasi, terutama jalan menuju kawasan industri dan pelabuhan. Kesiapan energi juga menjadi sorotan.
“Untuk tenaga kerja, kesanggupan Dinas Tenaga Kerja Kota. Selain itu infrastuktur dan ketersediaan lsitrik harus diperhatikan,” tambahnya.
BP Batam juga mengharapkan kesiapan industri penunjang setempat yang diperkirakan akan terkena efek dari perluasan investasi tersebut.
Konsulat Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KJRI Dubai Adiguna Wijaya  mengungkapkan nota kesepahaman kerja sama joint venture antara Drydocks World and Maritime World – Dubai, PEA dan PT Bina Bangun Bahari (BBB), Indonesia, Group dari perusahaan Sentra Bangun Harmoni ditandatangani di Dubai.
Kedua belah pihak berencana membangun Batam Maritim Center dengan luas lahan 178 hektar.
Potensi lahan yang dimiliki pihak DWMW di Batam itu diproyeksikan untuk pengembangan infrastruktur, industri dan energy mengingat kawasan tersebut merupakan lintasan “Pendulum Nusantara” sebagaimana yang dicanangkan Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan RI.
Kerja sama tersebut ditandatangani oleh Chairman DWMW Khamis Juma Buamim dan Mohamad Indra Permana, serta Presiden Direktur Jubilant A Harmidy selaku Direktur BBB Group, pada peresmian “Dubai Council of Marine and Maritime” di gedung Maritime Business Center, Dubai Maritime City, Dubai.(k17)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar