Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 14 Februari 2013

HANG NADIM BATAM BANGUN TERMINAL BARU

Rabu, 13/2/2013  (sumber : ANTARA)

Badan Pengusahaan Batam merencanakan pembangunan Terminal 2 Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada 2015, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada beberapa tahun ke depan.

"Pembangunan akan dimulai pada 2015, karena kami memperkirakan dalam dua tahun ke depan kapasitas Hang Nadim Batam akan 'over'," kata Deputi Satu Bidang Pengusahaan Sarana Badan Pengusahaan (BP) Batam I Wayan Subawa di Batam, Rabu.

Ia mengatakan dari tahun ke tahun jumlah penumpang pesawat di Hang Nadim Batam terus meningkat pada saat-saat tertentu sudah sangat padat.

"Dermaga 2 akan dibangun dengan kapasitas minimal 3,5 juta penumpang per tahun atau sama dengan kapasitas Bandara Hang Nadim Batam saat ini," kata dia.

Wayan mengatakan, berbagai fasilitas tambahan juga akan dibangun di Bandara Hang Nadim Batam untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna.

"Kami akan mempelajari dan meneliti dulu untuk pembangunan terminal baru. Yang jelas kapasitas minimal sama dengan bandara saat ini," kata Wayan.

Jumlah penumpang pesawat dari bandara tersebut dalam tiga tahun terakhir sudah melebihi daya tampung wajar terminal. Pada 2010, penumpang mencapai 3.332.835 sementara pada 2011 dan 2012 jumlahnya diperkirakan lebih banyak lagi.

Pengembangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam hanya satu dari sekian banyak infrastruktur di kawasan tersebut yang akan dikembangkan sebagai penunjang status perdagangan bebas (FTZ) agar bisa bersaing dengan wilayah bebas lain terutama di ASEAN.

Sebelumnya, pengusaha Swiss mengincar pengembangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, menyusul rencana Badan Pengusahaan Batam yang ingin mengembangkan Bandara di kawasan tersebut.

Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Badan Pengusahaan (BP) Batam, Dwi Djoko Wiwoho, di Batam mengatakan, sejumlah pengusaha Swiss menyampaikan minatnya untuk membangun Bandara tersebut pada pertengahan Desember 2011 untuk melihat secara langsung potensi investasi Batam.

"Dalam kunjungan itu, mereka sempat menyampaikan keinginannya untuk mengembangkan Bandara Internasional Hang Nadim," kata Djoko.

Masduki Attamami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar