Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 20 Februari 2013

BP BATAM bidik investasi asing US$350 juta

Compact_batam

BATAM: Badan Pengusahaan Kawasan Batam (BP Batam) membidik target investasi asing sebesar US$350 juta dan sebanyak 90 penanam modal asing pada 2013.

Ilham Eka Hartawan, Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, mengungkapkan target tersebut meningkat dari target tahun lalu sebesar US$ 200 juta, namun target PMA mengalami penurunan dari 100 PMA.

"Target yang kami pasang US$350 juta dari Izin Usaha Tetap atau realisasi, perluasan dan approval atau aplikasi," ujarnya, Senin (18/2/2013).

Dia mengungkapkan target tahun ini meningkat karena capaian tahun lalu yang melebihi ekspetasi awal BP Batam.

Tahun lalu, lanjutnya, total investasi asing dari realisasi, perluasan, dan aplikasi menyentuh US$300 juta, melewati target US$200 juta.

Menurut Ilham, adapun empat sektor bidang usaha diperkirakan akan tetap menjadi penyumbang terbesar dari target tahun ini.

"Tetap empat bidang usaha, elektronik, manufaktur, galangan kapal dan industri penunjang migas. Selain itu jasa dan perdagangan mungkin tetap ada juga," tuturnya.

Dia menilai kepastian hukum masih menjadi kendala investasi yang masih harus dihadapi investor di FTZ Batam pada tahun ini.

Peraturan yang berubah-ubah kerap dianggap membingungkan pengusaha asing dan lembaga pemerintah di daerah.

"Tapi kami tetap melakukan koordinasi lewat Dewan Kawasan untuk disampaikan ke Pemerintah Pusat soal kendala-kendala di FTZ," paparnya.  (ra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar