Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 20 Februari 2013

BP BATAM ALOKASIKAN LAHAN TPA BARU

Rabu, 20 Februari 2013  (sumber : ANTARA

Badan Pengusahaan (BP) Batam, berencana membangun tempat pembuangan akhir (TPA) di wilayah Pulau Galang yang berjarak sekitar 40 kilometer sebelah selatan Pulau Batam.

"Sesuai tata ruang, wilayah Pulau Galang akan dibangun TPA untuk mengantisipasi peningkatan volume sampah di Batam meski sudah ada TPA Telaagapunggur yang dibangun BP Batam," kata Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan di Batam, Rabu.

Ia mengatakan, berdasarkan Peraturan Presiden 87/2011, sistem pengelolaan sampah di Batam dibagi dalam empat tahap.

Tahap pertama dan kedua yang dimulai 2011-2019 ialah pengembangan dan peningkatan TPA Telagga Punggur yang sudah beroperasi dan TPA Pulau Galang yang dalam tahap perencanaan pembangunan.

Sementara itu pada tahap tiga dan empat antara 2020-2017 masuk tahap pembangunan, peningkatan dan pemantapan dua TPA tersebut.

"Sesuai ketentuan pembangunan dan pengelolaan bisa dilakukan oleh BP Batam, Pemerintah Kota Batam, atau pihak swasta yang memiliki kemampuan," kata Ilham.

Ia mengatakan, pembangunan akan dilakukan setelah perubahan status hutan lindung di Galang disahkan oleh Kementerian Kehutanan.

"Saat ini status perubahan lahan sedang diproses. Setelah status pengelolaannya jelas dan diserahkan pada BP Batam, baru akan dibangun," kata dia.

Selain membangun TPA, kata dia, di Pulau Galang juga akan dibangun tempat pengolahan limbah rumahtangga yang letaknya tidak berjauhan.

Hingga saat ini, kata Ilham, status lahan di rangkaian pulau yang dihubungkan enam jembatan dari Batam dan dinyatakan masuk kawasan perdagangan bebas (FTZ) masih berupa kawasan hutan lindung.

"Upaya perubahanan status dan pengelolaan sudah diajukan sejak lama. Namun hingga kini belum selesai. Jadi semua program pembangunan yang sudah tertuang dalam Perpres 87/2011 masih harus menunggu perubahan status," kata Ilham.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar