Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 09 April 2013

BP BATAM BELUM TENTUKAN PIHAK PENGELOLA PELABUHAN

Senin, 8 April 2013  (sumber : ANTARA)

Badan Pengusahaan (BP) Batam belum menentukan siapa pihak yang akan mengelola pelabuhan domestik Telagapunggur dan Sekupang.

Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Provinsi Kepri bisa saja mengelola Pelabuhan Domestik tersebut jika kajian yang diajukan sesuai dan bisa meningkatkan pelayanan masyarakat pengguna seperti yang disampaikan Komisi I DPRD Kepri, kata Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam Ilham Eka Hartawan di Batam, Senin.

"Bisa saja mereka yang mengelola, namun semua itu tergantung kajian yang disampaikan ke BP Batam. Kami juga akan melihat seberapa besar kemampuan BUP Kepri melakukan pengelolaan," katanya.

Ia mengatakan, saat ini pihak BP Batam juga tengah bekerjasama dengan PT Pelindo I untuk melakukan kajian pengelolaan dua pelabuhan domestik utama kawasan perdagangan (free trade zone/FTZ) tersebut.

"Artinya, siapa yang bisa memberikan yang terbaik yang akan bisa mengelola pelabuhan milik BP Batam itu. Jangan sampai ketika ada pihak lain yang mengelola malah tidak berkembang," kata Ilham.

Ia mengatakan Pelabuhan Domestik Sekupang merupakan pelabuhan penumpang utama dari Batam ke berbagai wilayah di Provinsi Kepulauan Riau seperti Kabupaten Karimun dan pulau-pulau sekitarnya serta Provinsi Jambi dan beberapa kota di Provinsi Riau.

Pelabuhan Telagapunggur merupakan pelabuhan utama dari Batam ke ibu kota Provinsi Kepulauan Riau di Tanjungpinang dan Kabupaten Lingga.

Selain dua pelabuhan tersebut, BP Batam dan PT Pelindo I juga tengah melakukan kajian pengelolaan pelabuhan bongkar muat Batuampar.

"Siapa saja masih mungkin mengelola pelabuhan tersebut. Namun kami tetap menginginkan yang terbaik agar pelabuhan-pelabuhan tersebut bisa berkembang dan memberikan pelayanan yang lebih baik dibandingkan sebelumnya," kata Ilham.

Anggota Komisi II DPRD Kepri Onward Sihaan mengatakan (BUP) Provinsi Kepri untuk mengelola pelabuhan Telaga Punggur dan Sekupang, tidak serta merta bisa dilakukan. BUP Kepri harus mendapat persetujuan dari Badan Pengusahaan Batam atau Kementerian Perhubungan RI.

"Memang kami sedang menyiapkan BUP untuk berpartisipasi mengelola pelabuhan. Tapi itu harus kerjasama dengan Badan Pengusahaan Batam," kata Onward.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar