Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 05 Desember 2012

Sejumlah Perusahaan Lapor Apindo Lakukan PHK


Tribun Batam - Rabu, 5 Desember 2012

Laporan Tribunnews Batam, Kartika

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM- Hal yang dikhawatirkan akan adanya PHK di sejumlah perusahaan akhirnya jadi kenyataan. Ketua Apindo Kepri, Cahya mengaku sudah mendapat laporan resmi terkait  adanya PHK di sejumlah perusahaan.

Menurut informasi yang diterima, Apindo mencatat ada beberapa perusahaan yang menyampaikan mengenai rencana tersebut secara resmi. Menurut Cahya hal ini karena perusahaan-perusahaan tersebut telah berencana rasionalisasi dalam waktu dekat. Di antaranya, PT Sumitomo Wiring Systems Batam Indonesia, PT Unisem, PT Ho Wah Genting, PT Infineon, PT Drydocks Nan Indah. Ia tak menampik PHK ini disebabkan tingginya upah minimum kota (UMK) 2013 Batam yang mencapai Rp 2.040.000.

"Itu hanyalah sebagian kecil dari perusahaan-perusahaan yang mempunyai rencana rasionalisasi dalam waktu dekat. Masih banyak perusahaan yang sudah membuat rencana serupa," kata Cahya, Selasa (4/12).

Ia mengatakan hal ini terpaksa dilakukan pengusaha dalam rangka mempertahankan keberlangsungan usaha perusahaan. Cahya mencontohkan, jika tahun 2011, perusahaan mengeluarkan biaya operasional perusahaan mencapai Rp 100 juta pada 2013 mendatang, perusahaan terpaksa harus mengeluarkan Rp 200 juta.

"Dalam dua tahun naik 100 persen. Ya sebagian pasti gulung tikar lah. Sementara sebagian lagi harus kurangi karyawan. Itu tidak bisa dihindari," katanya. (*)

Editor : widodo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar