Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 11 Desember 2012

ATB Sambung Pipa Sukajadi-Simpang Jam Air Mati di Sejumlah Lokasi

10 Desember 2012 (sumber Batam Pos)

BATAM KOTA (BP) - PT Adhya Tirta Batam (ATB) melanjutkan pengerjaan pipa DN 800 milimeter sepanjang 13 kilometer. Jika sebelumnya penyambungan pipa di jalur tanki Kabil hingga Bundaran Bandara, mulai Senin (10/12) malam ini hingga keesokan harinya, penyambungan pipa dilakukan di jalur Sukajadi hingga Simpang Jam.
Penyambungan pipa tersebut akan menyebabkan gangguan air di wilayah Batam Centre, Baloi, Nagoya, Jodoh, Bengkong, Batuampar, Tanjungsengkuang, Seipanas, dan Sukajadi, selama beberapa waktu. Lama dampak gangguan yang terjadi bervariasi tergantung lokasi

“Ini merupakan kelanjutan dari penyambungan akhir Oktober lalu. Bedanya, bila dulu dilakukan di bagian hilir, sekarang dilakukan untuk bagian hulu. Penyambungan tersebut memang harus dilakukan dua tahap. Tidak bisa satu kali sekaligus,” ungkap Project Manager ATB, Muflikhin, kemarin.
Ia melanjutkan, agar gangguan air tidak berdampak terlalu lama kepada pelanggan, usai penyambungan selesai dilakukan, pasokan air kepada pelanggan akan segera didistribusikan. Gangguan tersebut diperkirakanakan normal kembali pada Selasa (11/12) untuk beberapa wilayah.
“Seperti dampak penyambungan pipa tahap pertama, beberapa wilayah seperti Batam Centre, Seipanas, Baloi akan normal beberapa jam usai penyambungan selesai dilakukan.
Namun, untuk daerah-daerah terujung mungkin dampaknya sedikit lebih lama. Maksimal tiga hari, namun akan diupayakan lebih cepat dari itu,” ujarnya.
“Kami sebenarnya tidak ingin mengganggu suplai air kepada pelanggan. Namun ini memang harus dilakukan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Proyek ini merupakan upaya ATB meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Kami berharap pasokan air menjadi lebih baik dari sebelumnya,” ujar Muflikhin.
Tampung Air Secukupnya
Corporate Communication Manager ATB, Enriqo Moreno Ginting, mengimbau agar pelanggan menampung air secukupnya.
“Lama dampak gangguan akan sangat bervariasi, tergantung jarak lokasi dari WTP Duriangakang. Sebagian Batam Centre Selasa pagi diprediksi sudah mengalir, sedang yang sebagian lagi kemungkinan Selasa siang hingga malam. Dampak terlama akan terjadi di daerah Bengkong dan Sengkuang,” kata Enriqo Moreno.
Pelanggan ATB, kata Enriqo, tak perlu panik. “Untuk kenyamanan pelanggan, imbauan ini harus kami sampaikan. Tapi warga tidak perlu panik. Cukup menampung sesuai kebutuhannya saja,” ujarnya.
ATB juga akan melakukan beberapa cara untuk mengantisipasi dampak dari penyambungan pipa tersebut, seperti membagikan kantung air (water bag) hingga menyediakan mobil tanki air untuk membantu pelanggan yang kehabisan stok air.
“Kantung air akan kami bagikan untuk daerah yang diperkirakanakan terkena dampak paling lama seperti Bengkong Langit, Bengkong Mandiri, Batu Merah, dan Sengkuang. Namun, bila ada pelanggan dari luar wilayah tersebut yang membutuhkan kehabisan perediaan air, bisa menghubungi call center kami di nomor 0778-467111, nanti kami akan kirimkan mobil tangki air,” ujarnya. (med) (184)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar