Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Rabu, 05 Desember 2012

RSOB BP Batam Gelar Seminar Pencegahan Dini Kanker

BATAM (HK)- Kanker hingga kini masih menjadi momok menakutkan bagi semua orang karena merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Selain itu pengobatan medisnya pun cukup memakan biaya yang cukup besar.

Kanker di Indonesia cenderung semakin meningkat. Diperkirakan berjumlah 90-100 kasus baru di antara 100.000 penduduk/tahun atau 180.000 kasus baru/tahun, dengan kanker ginekologi berada pada tempat teratas. Di Indonesia, kanker yang termasuk 10 besar adalah kanker cerviks, kanker payudara, kanker kulit, kanker nasofaring, kanker limfoma, kanker kolon dan rektum, kanker paru, kanker ovarium, kanker tiroid dan kanker rongga mulut. Sedangkan untuk negara maju yang termasuk 5 besar adalah kanker payudara, kanker kolorektal, kanker paru, kanker kulit dan kanker cerviks.

Sementara itu kepedulian dan pengetahuan masyarakat tentang penyakit kanker juga masih kurang, sehingga perlu dilakukan upaya penyebarluasan informasi tentang apa itu penyakit kanker dan penanganannya.

Menyikapi hal tersebut Rumah Sakit Otorita Batam (RSOB)–Badan Pengusahaan (BP) Batam akan menggelar Seminar Pencegahan Dini Kanker yang akan dilaksanakan Minggu (9/12) di Hotel Harris Batam Centre, Batam.

Ketua Panitia Pelaksana, dr. Ahmad Mubin, SpU, menjelaskan topik dan para pembicara dalam seminar ini, antara lain Screening Tiroid Pada Anak dengan pembicara dr. Meidy D. Posumah, SpA., Screening Tiroid Pada Dewasa (dr. Wahyu, SpPD), Kanker Serviks (dr. Adriyanti, SpOG), Kanker Paru (dr. Oka Viska, SpP), Bedah Ca-15 (dr. Josua, SpB), Prostat TpsA (dr. A. Mubin Hutasuhut, SpU), dan Bedah Digestive (dr. Aditomo Widarto, SpB), serta moderator dr. Erlina, M.Sc., SpPK.

Seminar deteksi dini kanker ini terbuka bagi masyarakat dan diharapkan dapat dihadiri oleh masyarakat Kepulauan Riau (Kepri), khususnya masyarakat Batam yang peduli akan kesehatan jantung, baik masyarakat umum dan keluarganya, maupun para dokter/tenaga medis dan para medis, serta mahasiswa.

Kegiatan ini juga merupakan program edukasi RSOB–BP Batam bagi masyarakat Kepulauan Riau, khususnya di Batam, serta merupakan rangkaian dari kegiatan Hari Bakti BP Batam Tahun 2012.

Ada pun biaya pendaftaran seminar, adalah: dokter spesialis Rp200 ribu, dokter umum Rp150 ribu, paramedis (perawat/analis) Rp175 ribu, dan untuk umum/mahasiswa Rp100 ribu.

Pendaftaran dapat dilakukan dan menghubungi Bagian Humas RSOB-BP Batam Sekupang, Klinik satelit RSOB-BP Batam di Baloi, klinik Kantor BP Batam Batam Centre, dan klinik Bandara Hang Nadim Batam.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara ini dapat menghubungi Bagian Humas RSOB-BP Batam telepon (0778) 322111 atau menghubungi Wawan Setiawan (HP 081364137941), Yosefa (HP 0811277125999), dan Nurhaida (HP 081372243009). (r/and)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar