Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Kamis, 20 Desember 2012

Batam Peringkat 1 Program Langit Biru

BATAM CENTRE (HK)- Kota Batam mendapatkan peringkat 1 dengan nilai 7,2 untuk kategori Kota Besar pada program Langit Biru 2012 yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup RI.  Ada sembilan kota di Indonesia yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup RI, Prof Dr Balthasar Kambuaya, MBA kepada Walikota Batam Ahmad Dahlan didampingi Kepala Bapedal Kota Batam, Dendi N Purnomo di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (17/12).

Untuk peringkat dua, diraih Kota Denpasar dengan nilai 6,99 dan posisi ke tiga di raih Manado total nilai 6,59. Sementara untuk kategori Kota Metropolitan juara satu diraih Tangerang, disusul Jakarta dan Medan.

" Ini sesuai dengan arahan Pak Menteri KLH bahwa, hasil kualitas udara di Batam  menjadi 15 persen nilai adipura," kata Kepala Bapedal Kota Batam, Dendi N Purnomo, Senin (17/12).

Dalam sambutan Menteri KLH, kata Dendi, program Langit Biru 2012 ini bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas udara perkotaan dari pencemaran udara yang bersumber dari kendaraan bermotor melalui penerapan transportasi berkelanjutan.

Dikatakan Dendi, Batam berhasil mendapatkan peringkat pertama, berdasarkan hasil evaluasi kualitas udara perkotaan yang dilaksanakan 44 kota dari 33 provinsi di Indonesia. Yakni dilakukan sejak bulan Maret hingga Oktober.

Ketua panitia program Langit Biru, Sulistiyowati, sebagaimana dikutip Dendi mengatakan evaluasi yang dilakukan berupa survei dari pendapat para pemangku kepentingan di kota-kota besar, serta pengisian formulir.

" Selain itu panitia juga melakukan pantauan kualitas udara jalan raya dan penghitungan kinerja lalu lintas secara serentak di tiga ruas jalan di setiap kota," ujar Dendi menirukan ucapan ketua panitia. (lim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar