Info Barelang

KUMPULAN BERITA BP BATAM YANG DIHIMPUN OLEH BIRO HUMAS, PROMOSI, DAN PROTOKOL

Selasa, 11 Desember 2012

BATAM MAKSIMALKAN PELABUHAN BATUAMPAR SEBELUM PEMBANGUNAN TANJUNGSAUH

  • Copyright:ANTARA
  • Date:Des 10/2012
Batam, 10/12 (ANTARA) - Badan Pengusahaan Batam akan memaksimalkan Pelabuhan Batuampar sebagai penunjang kawasan perdagangan bebas sebelum membangun Pelabuhan Tanjungsauh berkapasitas 4 juta TEU's (twenty foot equivalent units) atau peti kemas ukuran 20 kaki, yang akan dimulai 2014.

"Meski Tanjungsauh segara dibangun, namun saat ini Batuampar juga terus dikembangkan dengan pembangunan dermaga utara. Kami akan memaksimalkan Batuampar sebagai daya tarik FTZ sebelum pembangunan Tanjungsauh," kata Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam Ilham Eka Hartawan di Batam, Senin.

Ia mengatakan, pengembangan dermaga utara Batuampar akan menjadi salah satu daya tarik berinvestasi di kawasan bebas Batam.

"Selama ini pelabuhan Batuampar belum memadai untuk menopang peningkatan aktivitas kapal dan kargo, karena itu kami kembangkan," kata dia.

Pengembangan Batuampar, kata dia, juga terkait antrean kapal di pelabuhan tersebut semakin meningkat. Berdasarkan data BP Batam, pada awal 2012 pertumbuhan volume kargo pelabuhan itu mencapai 6 persen.

"Aktivitas pelayanan volume kargo di pelabuhan itu mengalami kelebihan kapasitas pada 2011 sekitar 150.000 TEUs," kata Ilham.

Adapun dalam lima tahun terakhir, rata-rata jumlah bongkar muat pelabuhan termasuk stagnan berkisar yakni berkisar 210.000 TEUs.

Dengan pembangunan selama tiga tahun ke depan senilai Rp349 miliar, dermaga utara diperkirakan mampu melayani bongkar muat kargo mencapai 600.000 TEU's pada akhir 2014.

"Pada 2013 anggaran yang akan dikucurkan untuk kelanjutan pembangunan Batuampar sekitar Rp200 miliar," kata Ilham.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar